Now Reading:
Arti ‘Non-Comedogenic’ dalam Produk Kosmetik dan Skincare
Full Article 2 minutes read

Arti ‘Non-Comedogenic’ dalam Produk Kosmetik dan Skincare

kholic.id – Saat membeli produk kosmetik ataupun skincare, biasanya terdapat tulisan ‘non-comedogenic’ pada bagian label. Tulisan ini akan semakin banyak ditemui dalam rangkaian produk untuk kulit kombinasi, berminyak, atau acne-prone.

Sebetulnya, apa sih arti non-comedogenic? Apakah benar produk yang sudah masuk kategori ini miliki arti ‘tidak menyebabkan timbulnya komedo’?

Menurut ahli dermatologi Neil Sadick yang dilansir dari The Klog, istilah¬†non-comedogenic dalam produk skincare dan kosmetik sebetulnya hanyalah sebuah trik pemasaran. “Arti sebenarnya dari produk ‘non-comedogenic’ adalah, partikel produk tersebut tidak menyumbat pori sehingga penggunaannya dinilai aman untuk pemakaian setiap hari.”

Sadick melanjutkan, “Produk ‘non-comedogenic’ juga sebetulnya miliki formula ringan sehingga tidak membebani pori dengan lapisan yang tebal. Itulah arti sebenarnya dari non-comedogenic. Produk yang diformulasikan ringan sehingga tidak menyumbat pori.”

Satu yang harus diingat, produk dengan label non-comedogenic bukan berarti 100% tidak akan menyumbat pori.

“Hal yang harus diperhatikan adalah tekstur produk yang akan dibeli. Apakah berbahan gel atau cair? Terdiri dari bahan dasar air (water base) atau minyak (oil base)? Biasanya, produk yang berbahan dasar air (water base) dan berteksur ringan miliki kemungkinan sangat kecil dalam menyumbat pori dan menyebabkan jerawat.”

Sebagai tambahan, Sadick juga menganjurkan untuk menghindari bahan dasar produk yang mengandung minyak mineral seperti jojoba oil, olive oil, atau avocado oil, shea butter, lanolin, dan pewarna artifisial karena,”Bahan-bahan tersebut justru akan memicu produksi minyak lebih banyak sehingga komedo dan jerawat juga akan mudah tumbuh.”

Sumber: the klog

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.