Now Reading:
Arti ‘Paraben Free’ yang Ada di Kemasan Produk Make Up dan Skincare
Full Article 2 minutes read

Arti ‘Paraben Free’ yang Ada di Kemasan Produk Make Up dan Skincare

kholic.id – Saat membeli produk kecantikan atau skincare, biasanya terdapat tulisan kecil berisi keterangan umum yang tertulis di bagian kemasan.

Keterangan umum ini ditulis sebagai acuan para konsumen agar tidak salah pilih produk, sekaligus informasi penting yang ingin disampaikan produsen pada konsumennya. Di antara beberapa tulisan yang ada, biasanya ‘Paraben Free’ jadi salah satunya.

Paraben adalah bahan pengawet kimia berbahaya yang bersifat antibakteri. Bahan ini telah masuk dalam daftar Internasional zat kimia yang dilarang ada dalam kosmetik dan biasanya ditemukan dalam produk deodoran, lipstik, scrub, sampai shampo.

Penggunaan paraben dalam produk kosmetik dan skincare yang langsung terpapar kulit dapat menimbulkan masalah serius.

Berdasarkan hasil penelitian, paraben yang terhirup atau terserap kulit dapat mengganggu aktivitas hormon estrogen dalam tubuh manusia, khususnya wanita. Begitu masuk ke dalam sel tubuh, paraben mampu memecah protein sehingga menyebabkan efek degeneratif pada membran sel.

Tak hanya itu, paraben juga dapat meninggalkan residu di beberapa organ termasuk paru-paru, jantung, hingga otak. Jika terakumulasi dalam waktu lama, paraben dapat menyebabkan penyakit serius seperti tumor dan kanker.

Zat paraben juga miliki banyak turunan yang sama berbahaya bagi tubuh, yaitu: Butylparaben, Methylparaben, Propilparaben atau Benzoat Alkyl Parahydroxy.

Adanya tulisan label ‘Paraben Free’ dalam kemasan produk kosmetik atau skincare dapat dipastikan produk yang kalian beli tidak mengandung paraben/bebas paraben. Sehingga, jika digunakan dalam waktu lama, bisa dipastikan produk tersebut tidak memberikan efek samping yang mengkhawatirkan bagi kesehatan tubuh kalian.

Jadi, pastikan ada tulisan ‘Paraben Free’ dalam kemasan produk kosmetik atau skincare kalian ya!

Sumber: (1), (2)

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.