Now Reading:
Hyeri Girl’s Day Manfaatkan Ketenaran Demi Menolong Anak-Anak di Thailand
Full Article 2 minutes read

Hyeri Girl’s Day Manfaatkan Ketenaran Demi Menolong Anak-Anak di Thailand

kholic.id Girls Day Hyeri dikenal sebagai idol-aktris yang memiliki pengaruh besar di dunia periklanan. Ini dimanfaatkan baik oleh dirinya untuk menyebarkan kebaikan demi anak-anak yang belum mendapatkan akte kelahiran.

“Di seluruh dunia, ada sekitar 230 juta anak di bawah usia 5 tahun yang belum mendaftarkan kelahiran mereka. Kurangnya dokomentasi ini menyulitkan anak-anak tersebut untuk mendaftar ke sekolah atau menerima perwatan medis yang dipsonsori negara,” tulis Hyeri di situs penggalangan dana Plan Korea.

Sejak 2013, Girl’s Day telah ditunjuk sebagai duta dari organisasi sponsor anak indonesia Plan Korea. Para member sudah menggunakan hasil konser untuk membantu anak-anak mendapat akte kelahiran. Penerima manfaat terbaru adalah anak-anak dari desa kecil di Distrik Chiang Dao di Chiang Mai, di utaran Thailand.

Foto: twitter.com/plankorea

“Ada banyak hal yang menyayat hati menimpa anak-anak ini karena tidak bisa mendaftar kelahirannya. Menginjakan kaki di luar negara asal mereka adalah ilegal, karena tidak memiliki paspor.

Jika menikah, mereka melakukannya tanpa dokumen resmi. Jika memiliki anak, anak-anak mereka juga menjadi korban lingkaran setan. Tidak terlihat oleh pihak berwenang dan tidak memenughi syarat untuk mendapat perlindungan negara,” ujar Hyeri menuturkan kasus anak-anak calon donor.

Hyeri juga menjelaskan soal pelanggaran hak asasi manusia yang mengerikan juga dipertaruhkan untuk anak-anak ini. Ketika mereka tumbuh dewasa, anak-anak tersebut lebih rentan menjadi korban perdagangan manusia, eksploitasi tenaga kerja, dan pelecehan seksual.

Foto: twitter.com/plankorea

Foto: twitter.com/plankorea

Ia menyebutkan seorang gadis yang tinggal di Bangladesh diperkosa pada usia 13 tahun. Ia tidak memiliki akte kelahiran, dan karena ‘tidak ada’ menurut catatan resmi, belaku dibebaskan.

“Jika kamu membaca ini, ingatlah kalau ada anak-anak tanpa akte kelahiran di dunia ini, Tolong beri tahu teman-temanmu. Kata-kata sederhana yang kami katakan bisa memberikan identitas kepada seorang anak yang harus menjalani kehidupan yang tak melihatnya.”

Sementara itu, kekasih Ryu Jun Yeol ini, tengah disibukan sebagai anggota tetap dari acara tvN Amazing Saturday bersama Key SHINee, komedian Park Na Re, dan lainnya.

Semoga ini bisa menjadi panutan bagi selebritis lain dan penggemar.

Foto: twitter.com/plankorea

 

Sumber: kpopherald

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.