Now Reading:
4 Seleb Korea Ini Resmi Tuntut Netizen Lewat Jalur Hukum atas Komentar Nyinyir
Full Article 3 minutes read

4 Seleb Korea Ini Resmi Tuntut Netizen Lewat Jalur Hukum atas Komentar Nyinyir

kholic.id – Semakin banyaknya komentar nyinyir sampai gosip miring ‘ciptaan’ netizen di media sosial, banyak selebriti kini berani ambil langkah serius untuk melaporkan lewat jalur hukum.

Beberapa tahun sebelumnya, selebriti lebih memilih untuk tidak ambil pusing dengan komentar jahat yang ditulis netizen atau bahkan berita miring yang dirilis reporter. Sikap pasif tersebut merupakan tanda bahwa mereka tidak mau ikut campur, dan berharap kasus akan lenyap seiring berjalannya waktu.

Jika selebriti menuntut balik, beberapa kasus justru jadi berubah 180 derajat di mana sang pelaku melapor sebagai korban dengan alasan, ‘menuntut orang biasa adalah hal yang berlebihan karena [orang biasa] tidak miliki apa-apa [jika dibandingkan dengan selebriti].”

Kini, komentar jahat yang menjurus pada berita bohong/isu miring semakin banyak, bahkan membuat para selebriti dan orang terdekat terkejut. Para selebriti bersama agensi pun mulai mengambil langkah berani dengan cara mengumpulkan data valid dan melaporkannya ke pihak berwenang, untuk nantinya diproses secara hukum. Inilah 4 selebriti Korea yang kini sedang berjuang melawan netizen dan berita miring!

1. Jung Yu Mi

Foto: tvN

Bulan Oktober ini, Jung Yu Mi digosipkan menjalin hubungan terlarang dengan PD Na Young Suk. Berita ini awalnya tersebar lewat komunitas online yang kemudian diangkat menjadi bahasan utama beberapa situs berita, hingga nama Jung Yu Mi melesat di mesin pencari Naver selama 2 hai berturut-turut.

Pada 17 Oktober, SOOP Management selaku agensi Jung Yu Mi resmi mulai memproses isu ini ke jalur hukum. Pada 24 Oktober, Jung Yu Mi secara resmi dinyatakan sebagai korban.

2. Seolhyun – AOA

Foto: Fascinating Ruby

Pada 23 Oktober 2018, agensi FNC Entertainment memberi update terbaru soal kasus pelecehan seksual berupa penyebaran gambar editan dan video ancaman terhadap Seolhyun yang terjadi pada Maret 2018.

Kejadian kriminal yang dilakukan oleh netizen melalui akun instagram ini telah resmi diproses pihak berwajib. Sang pelaku telah dijatuhi hukuman 6 bulan penjara dengan 2 tahun masa percobaan. Tak hanya itu, 2 orang pelaku yang sebelumnya mengedit dan menyebarkan gambar tidak senonoh dan melibatkan Seolhyun juga kini sedang menunggu keputusan pengadilan.

3. Ong Seung Woo – Wanna One

Foto: Fantagio

Member grup Wanna One ini telah cukup menderita lewat berbagai rumor miring yang tidak benar, dan semuanya dirilis oleh hasil ketikan tangan netizen. Mulai dari informasi tidak benar, penyerangan secara online, hingga ejekan yang sudah melampaui batas telah dikumpulkan oleh agensi Fantagio untuk dilaporkan pada pihak berwajib.

Hasilnya, pada tanggal 23 Oktober 2018 telah terkumpul 4.000 komentar miring yang kemudian disaring secara ketat oleh pihak pengacara.

4. Lee Jong Suk

Foto: YNK Entertainment

Sehari sebelum pelaporan kasus Seolhyun AOA dan Ong Seung Woo Wanna One naik ke permukaan, pada 22 Oktober 2018 agensi A-Man Project dan sang aktor yang bernaung di bawahnya Lee Jong Suk, resmi mengambil langkah hukum terhadap isu miring yang disebarkan netizen.

Keputusan ini dirilis langsung lewat akun instagram resmi agensi, yang menyatakan telah menyimpan beberapa barang bukti terkait komentar jahat, pelanggaran hak, dan rumor tanpa bukti yang disebarkan netizen.

Langkah tegas selebriti Korea ini bisa menjadi peringatan untuk semua netizen, termasuk yang ada di Indonesia.

Kita semua harus lebih bijak dan berhati-hati dalam berpendapat dan menuliskan komentar di media sosial. Sampaikan segala sesuatu berdasarkan fakta, bukan rumor atau mendengar dari ‘kata orang’, ya! Ingat, meski komentar telah kalian hapus, jejak digitalnya akan terus tersimpan sepanjang masa dan dapat dilacak.

Sumber: soompi

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.