Now Reading:
Pro Kontra Penggunaan Petroleum Jelly dan Mineral Oil untuk Skincare
Full Article 3 minutes read

Pro Kontra Penggunaan Petroleum Jelly dan Mineral Oil untuk Skincare

kholic.id – Miliki bahan dasar tanpa pewarna dan tanpa zat pewangi, banyak yang mempercayakan produk petroleum jelly dan mineral/baby oil sebagai andalan dalam rangkaian skincare harian.

Dua produk ini diakui tidak menimbulkan komedo, efektif membersihkan wajah dari make up waterproof sekuat apapun, dan tentu saja berbahan dasar natural. Akan tetapi, banyak juga yang tidak setuju dengan penggunaan petroleum jelly dan mineral oil karena dua produk ini merupakan produksi turunan dari petroleum, yang tak lain adalah zat hidrokarbon dari minyak bumi, sehingga statusnya masih ‘satu turunan’ dengan minyak tanah, bensin, dan minyak diesel.

Berikut adalah beberapa pro kontra soal penggunaan petroleum jelly dan mineral/baby oil untuk rutinitas skincare.

– Apakah benar minyak mineral dan petroleum jelly tidak menimbulkan komedo?

“Hingga saat ini, minyak mineral masih dalam perdebatan apakah ia benar-benar tidak menimbulkan komedo atau tidak,” ujar dermatologis Craig A. Kraffert seperti yang dilansir dari The Klog.

“Akan tetapi, sudah banyak penelitian yang menyimpulkan minyak mineral miliki potensi sangat rendah dalam memunculkan komedo. Semakin murni hasil saringan minyak mineral, maka semakin redah juga kemungkinan produk itu menimbulkan komedo.”

– Apakah minyak mineral menyerap ke dalam pori kulit?

“Minyak mineral tidak bisa masuk dan meresap ke dalam kulit karena molekulnya jauh lebih besar. Zat ini akan terus menempel di lapisan luar kulit. Sehingga, ada baiknya setelah memakai mineral oil atau petroleum jelly, kulit dibersihkan dengan pembersih lain.”

– Apa sebenarnya manfaat utama mineral oil dan petroleum jelly untuk kulit?

“Minyak mineral miliki kemampuan sebagai benteng yang kuat untuk kulit. Ia mampu melindungi dari kontaminasi luar sehingga mencegah kotoran menempel langsung di kulit. Mineral oil juga dapat menjaga kelembapan kulit, membuatnya terasa lebih halus dan lembut.”

– Adakah yang harus dikhawatirkan dalam penggunaan mineral oil dan petroleum jelly untuk kulit?

“Minyak mineral dan petroleum jelly adalah zat yang tidak dapat beraksi (inert), tidak beracun, dan terhitung aman untuk kulit. Satu yang harus diingat, dua produk ini sama sekali tidak mengandung air sehingga produk skincare apapun yang dipalikasikan setelah menggunakan minyak mineral atau petroleum jelly tidak akan bisa terserap.”

Dengan kata lain, semua produk hidrasi yang berbahan dasar air tidak akan bisa bekerja di lapisan kulit jika di waktu yang sama juga memakai mineral oil atau petroleum jelly.

– Jika seseorang memilih mineral oil atau petroleum jelly sebagai salah satu rangkaian skincare, kapan dan bagaimana cara teraik untuk mengaplikasikan ke kulit?

“Waktu tebaik untuk mengaplikasikan mineral oil atau petroleum jelly adalah saat kulit masih lembap atau sedikit basah, contohnya saat kita baru selesai mandi. Zat minyak dalam produk tersebut akan membatu kelembapan kulit tetap terkunci rapat.”

Tak hanya itu, mineral oil atau petroleum jelly juga dapat digunakan saat membersihkan wajah dengan metode oil cleansing. Usapkan secukupnya secara perlahan hingga semua make up dan kotoran terangkat, lalu basuh dengan kapas dan air hangat hingga bersih, dan disusul dengan sabun/face wash.

Sumber: the klog

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.