Now Reading:
Sinopsis ‘Dae Jang Geum is Watching’ Eps. 1 (Part 2), Makanan Pedas Membuatku Menangis
Full Article 6 minutes read

Sinopsis ‘Dae Jang Geum is Watching’ Eps. 1 (Part 2), Makanan Pedas Membuatku Menangis

kholic.id – Drama MBC Dae Jang Geum is Watching atau Jang Geum, Oh My Grandma tayang perdana pada 11 Oktober 2018 dan tayang seminggu sekali setiap hari Kamis.

Drama ini bercerita mengenai tiga bersaudara keturunan dari dayang dapur istana legendaris, Dae Jang Geum. Mereka adalah Han San Hae (Shin Dong Wook), Han Jin Mi (Lee Yeol Eum), dan Han Jung Sik (Kim Hyun Joon). Sebagai keturunan Dae Jang Geum mereka memiliki kemampuan istimewa yang berhubungan dengan makanan.

Sinopsis Episode 1 (Part 2)

Bok Seung Ah akhirnya ikut melakukan aerobik tapi masih belum berhasil dimaafkan oleh orang. Akhirnya Han San Hae turun tangan dan ikut melakukan aerobik dan masalah mereka akhirnya selesai.

Di rumah, Han Jung Sik tengah menyiapkan hidangan untuk perayaan Han Jin Mi yang akan debut. Ia memutuskan memasak suyuk dari daging yang diberikan oleh ibunya. Sebagai seorang youtuber memasak profesional, Han Jung Sik mulai membahas bahan-bahan dasar yang harus dipakai.

“Daging kaki depan. Air. Lalu soju untuk menghilangkan bau amis. Selain itu, kita juga membutuhkan daun bawang, bawang putih, dan jahe. Lada hitam dan sedikit cabai vietnam untuk rasa pedas,” jelas Han Jung Sik.

Ia pun segera mulai memasak, “Pertama, selain daging dan soju, campurkan semua bahan lain ke dalam panci dan rebus bersama. Begitu mendidih, masukkan daging dan secangkir soju, besarkan api sedikit dan rebus selama 40 menit.”

Selesai direbus, daging dikeluarkan dan siapkan untuk dikukus. Setelah itu siram daging dengan setengah cangkir soju dan kukur dengan api besar selama 15 menit. Hal ini agar semua lemak hilang dan menjadikan daging lebih kenyal.

***

Di tempat pelatihan, Han Jin Mi mendapat kabar mengejutkan. Sepuluh tahun ia telah menjadi trainee, tapi ternyata agensinya bangkrut dan ia harus keluar dari tempat pelatihan.

Meski bersedih, Han Jin Mi tetap mencium aroma makanan dan tahu ada di mana saja makanan tersebut. Awalnya, ia bersedih karena tidak bisa makan makanan tersebut sampai ia sadar bahwa ia bukan seorang trainee lagi dan memutuskan makan makanan yang dulu tak bisa ia makan.

Foto: MBC

Ia pun sampai di sebuah minimarket dan mengambil semua makanan instan yang bisa ia olah. Makanan yang diolah diberi judul: Kombinasi Pedas Han Jin Mi, Daging Kepiting di Lubang Neraka. Han Jin Mi tampak sangat menikmati makanan instan olahannya. Saking nikmatnya, Minhyuk yang tengah berada di minimarket ingin mencoba makanan tersebut.

Akan tetapi, di tengah makanannya, Han Jin Mi kembali menyadari rasa sedih yang menyergapnya. Sambil menangis ia berkata, “Ini enak sekali sampai membuatku menangis.”

***

Han San Hae dan Bok Seung Ah akhirnya menyelesaikan kegiatan promosi mereka di tempat aerobik. Han San Hae menyadari Bok Seung Ah sudah kelelahan dan lagi cuaca saat itu tidak baik. Ia pun segera menganalisis lokasi tempat makan yang ada di daerah tersebut dan bisa ditempuh dalam jangka waktu 10 menit.

Mereka akhirnya tiba di tempat yang telah ada daftar tempat makan Han San Hae. Ia menganalisis siapa saja artis yang pernah makan di tempat itu. Bukan sembarang artis, tapi artis yang datang haruslah yang memiliki citarasa tinggi sehingga menjadikan tempat makan tersebut lebih direkomendasikan.

Di tempat ini, Han San Hae memesan samgyeopsal dan ia tidak bersedia jika Bok Seung Ah yang memanggang karena takut rasa dagingnya rusak. Ada banyak teknik saat memanggang samgyeopsal, tapi Han San Hae lebih suka meletakkannya di tempat yang tidak terlalu panas sehingga daging matang perlahan dengan sempurna.

Foto: MBC

Setelah dianggap matang, Han San Hae mulai memakannya. Dalam hati ia berkata, “Ini kenyal dan padat. Ada alasan mereka memotong ketebalan yang sama selama 45 tahun. ini bukan samyeopsal biasa. Rasanya tidak amis dan lemaknya terasa di mulut.”

Han San Hae merasa terganggu dengan Bok Seung Ah yang hanya menikmati samyeopsal dengan saos tanpa mencoba daun bawang. Bok Seung Ah sebenarnya tidak suka, tapi karena merasa dipaksa ia pun mencoba memakan daging dengan daun bawang, “Timjangnim, ini sangat enak.” Mereka berdua terlihat sangat puas dengan samyeopsal tersebut.

Foto: MBC

Baru saja selesai makan, Han San Hae justru kembali memesan kalguksu. Bukan tanpa alasan, Han San Hae memesan kalguksu untuk membersihkan tekak yang berminyak dari samgyeopsal.

Bok Seung Ah sempat terkejut dengan pilihan makanan Han San Hae, tapi lalu ia berkata, “Samgyeopsal dan kalguksu… Kukira awalnya tidak akan cocok dimakan bersama. Tapi kombinasi ini, bagaimana bilangnya ya? Saat mendengar Jun Hyun Moo dan Han Hye Jin pacaran, kukira mereka tidak cocok, tapi melihat mereka sangat mesra, aku jadi turut senang dan anehnya menurutku mereka jadi serasi. Seperti itu rasanya.” Mereka berdua akhirnya makan dengan puas siang itu.

***

Han Jung Sik yang sudah mengolah daging mendiamkan daging tersebut dengan ditutupi kain basah agar kekenyalannya tetap terjaga. Ia pun memulai masak masakan utama dengan daging tersebut, yaitu roti isi gyeonjasun. Han Jung Sik menyebutkan bahan-bahan yang diperlukan, bawang julieene, lobak, wortel, timun, dan telur goreng yang telah diiris memanjang.

Foto: MBC

Semua bahan dicampur dalam satu wadah, beri garam secukupnya dan aduk rata. Untuk sausnya, campurkan gula, susu kental manis, moster encer, cuka, dan garam dalam satu mangkuk kecil dan aduk rata. Setelah sausnya selesai, campurkan ke bahan isi gyeonjasun dan aduk rata dengan tangan.

Daging dipotong setengahnya dan isi gyeonjasun dimasukkan ke dalam potongan daging. Maka selesailah hidangan utama untuk makan malam mereka.

***

Han San Hae meninggalkan makan malam kantor setelah Bok Seung Ah kembali membuat kesalahan. Untuk merayakan debut Han Jin Mi, Han Jung Sik dan Han San Hae juga telah menyiapkan cake dan menunggu kepulangan saudara perempuan mereka.

Saat Han Jin Mi pulang, mereka berdua memberikan ucapan selamat, tapi Han Jin Mi membalasnya dengan dingin. Han Jung Sik lalu menyuruh Han Jin Mi menebak bahan apa saja dalam saus yang ia buat. Akan tetapi, tebakan Han Jin Mi membuat Han Jung Sik dan Han San Hae terkejut. Mereka berdua bertukar pandang seakan mulai mengerti apa yang terjadi.

Han San Hae berkata, “Sekarang, kakak mengidam sesuatu yang pedas. Bagaimana?”

Foto: MBC

Han Jin Mi berkata, “Aku sudah makan sesuatu yang pedas tadi, tapi tidak apa sih.”

Han San Hae dan Han Jung Sik kembali bertukar pandang dan yakin bahwa saudara perempuan mereka tengah bersedih setelah tahu Han Jin Mi makan makanan pedas. Tanpa banyak protes, Han Jung Sik membuat kimchi pedas.

Setelah mencicipinya, Han Jin Mi berlinang air mata dan berkata, “Benar. Ini sangat pedas sampai membuatku menangis.” Ia menambahkan sambil memandang Jung Sik, “Dasar, kenapa harus sampai sepedas ini.”

Tanpa kata-kata penghiburan berlebihan, mereka tetap bisa saling menghibur dengan kebersamaan dan makanan yang mereka makan malam itu.

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.