Now Reading:
Ini Bahaya yang Mengintai Jika Mengoleskan Lip Balm dengan Jari Tangan
Full Article 2 minutes read

Ini Bahaya yang Mengintai Jika Mengoleskan Lip Balm dengan Jari Tangan

kholic.id – Kebanyakan wanita pasti memiliki lip balm di dalam tasnya, dan ketika bibir mulai terasa kering mungkin secara otomatis kita akan langsung mengambil lip balm dan segera mengaplikasikannya saat itu juga.

Hal ini sebenarnya tidak masalah kalau lip balm yang digunakan memiliki kemasan stick atau squeeze tube. Namun, jika lip balm favoritmu dikemas dalam tin atau jar, bagaimana cara Anda mengaplikasikannya? Apakah menggunakan bantuan brush? Atau, langsung menggunakan jari? Hati-hati chingudeul, ternyata menggunakan lip balm dengan jari tangan itu sangat berbahaya. Berikut penjelasannya.

Mengapa Berbahaya?

Ketika kamu mengaplikasikan lip balm tanpa mencuci tangan terlebih dulu, kamu mungkin secara tidak sadar mendatangkan bakteri dan virus dan penyakit tak terlihat lainnya yang menyebabkan mikroorganisme yang secara harfiah dapat berkembang di jari-jarimu.

Jika kamu berpikir tidak perlu khawatir karena lip balm-mu hadir dengan antigen yang mengklaim dapat mencegah pertumbuhan bakteri, itu salah besar. Antigen dalam lip balm tidak menjamin dapat melindungi bibir kamu dari bakteri jahat yang ada pada jari-jarimu. Kuman penyakit dan bakteri jahat bisa menempel di jari dan akan menyebabkan penyakit yang berbahaya seperti herpes dan lain sebagainya pada bibir kamu. Tentu kamu tidak ingin terjadi hal buruk padamu kan?

Apa Akibat Buruknya?

Kamu pasti tidak menyadari sebelum menggunakan lip balm dengan jari, tanganmu sudah menyentuh pagar, gagang pintu, keyboard bahkan handphone, dan secara langsung jari-jarimu menyentuh ribuan bakteri seperti streptokokus atau staphylococcus (staph). Jika kamu terinfeksi bakteri tersebut. Bakteri-bakteri jahat ini dapat menyebabkan pneumonia, radang tenggorokan, miningitis dan mata merah.

Bagaimana Cara Meminimalisir Risiko Tersebut?

Untuk mengindari hal itu terjadi, simpanlah lip balm atau produk kosmetik lainnya dengan baik, jangan biarkan tutupnya terbuka dan segera tutup kembali setelah memakainya. Saat kamu menggunakan pelembap bibir dengan kemasan tube, cuci tanganmu hingga bersih. Pastikan bahwa tangan kamu bebas dari kuman penyakit yang berbahaya. Hindari menyentuh bibir dengan tangan dan selalu sediakan hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan.

Sumber: (1) (2)

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.