Now Reading:
Memasuki Usia 30-an? Inilah 6 Tanda Penuaan Kulit yang Kamu Alami
Full Article 3 minutes read

Memasuki Usia 30-an? Inilah 6 Tanda Penuaan Kulit yang Kamu Alami

kholic.id – Bertambahnya usia ditandai dengan perubahaan kondisi kulit. Memasuki usia kepala tiga, tentu saja penuaan kulit adalah hal yang sangat alami terjadi.

Penuaan adalah salah satu hal yang banyak wanita takuti. Untuk alasan ini, berbagai perawatan sering digunakan untuk mencegah hal ini. Namun, ketika memasuki usia awal 30-an, berbagai masalah penuaan dini mulai muncul. Lalu apa saja tanda penuaan pada kulit? Yuk, simak penjelasan tanda-tanda penuaan kulit yang kamu alami saat memasuki usia 30 tahunan di bawah ini.

1. Jerawat Baru Tiba-Tiba Muncul

Jika kamu mulai memasuki usia 30-an dan tiba-tiba muncul jerawat batu, kamu harus waspada. Jerawat baru atau dikenal juga dengan jerawat dewasa biasanya muncul karena ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Jika kamu mengalaminya, cobalah untuk menggunakan sabun cuci muka yang ringan dan dapat melembapkan, serta gunakan obat jerawat topikal untuk mengobati jerawat tersebut.

2. Kulit Menjadi Kering

Selain membuat wajah terlihat kusam, sel-sel kulit mati yang menumpuk juga membuat pelembab tidak bisa menempel dan menyerap dengan baik ke kulit. Bertambahnya usia juga berkontribusi terhadap penurunan kelembapan wajah. Inilah yang membuat kulit menjadi sangat kering. Untuk mencegah hal ini, eksfoliasi wajah menggunakan produk yang mengandung AHA (alpha hydroxyl acid) dan gunakan pelembap yang memiliki label moisturizing dan hydrating.

3. Kulit Tampak Kusam

Salah satu tanda penuaan yang paling umum adalah kulit wajah yang berubah menjadi kusam. Ini terjadi karena seiring bertambahnya usia, regenerasi sel akan melambat sehingga sel-sel kulit menumpuk dan membuat wajah terlihat kurang segar. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pengelupasan (eksfoliasi) kulit dengan menggunakan scrub secara teratur. Lakukan setidaknya dua kali seminggu untuk membuat wajah terlihat lebih cerah.

4. Kulit Mudah Terkena Iritasi

Memasuki usia 30-an, kulit wajah biasanya menjadi lebih sensitif. Hal itu membuat kulit lebih rentan terhadap iritasi. Jadi, penting untuk menggunakan produk skincare yang tepat. Tentu saja, dibutuhkan trial and error sampai kamu menemukan produk yang benar-benar cocok. Tidak ada salahnya berkonsultasi dengan ahli kecantikan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan kulitmu.

5. Komedo Mulai Muncul

Komedo merupakan tanda umum penunaan lainnya. Sayangnya, memasuki awal 30-an, noda hitam ini biasanya akan lebih sulit hialng. Kamu dapat mencoba menggunakan krim pencerah wajah dengan bahan aktif yang tersedia di toko-toko kosmetik. Selain itu, pastikan selalu menggunakan tabir surya di wajah sebelum keluar rumah.

6. Kulit Kendur dan Garis-Garis Halus

Elastisitas kulit juga berkurang. Akibatnya kulit menjadi kendur dan mulai terlihat garis-garis halus. Untuk mengatasinya, coba gunakan produk yang mengandung retinol.

Sumber: avoskinbeauty

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.