Now Reading:
BTS Tegaskan Pada Menteri Korea Tetap Ikut Wajib Militer
Full Article 2 minutes read

BTS Tegaskan Pada Menteri Korea Tetap Ikut Wajib Militer

kholic.id – Menteri Kebudayaan Korea Selatan mengakhiri perdebatan terkait apakah member BTS akan dibebaskan dari wajib militer selama audit parlemen hari ini (11/10).

Permasalahan ini terus ditekan oleh partai oposisi utama, Partai Liberty Korea yang bertanya terkait sikap Do Jong Hwan pada isu kontroversial baru-baru ini, yaitu apakah anggota BTS harus diberikan pengecualian wajib militer atas dasar karir musik yang berkempang pesat.

Semua nggota BTS mengatakan mereka pasti akan mendaftar dinas militer,” kata Do Jong Hwan sebagai Kementrian Kebudayaan Olahraga, dan Parawisata.

Perdebtan awalnya dipicu oleh seorang anggota parlemen dari partai oposisi minor, Partai Bareunmirae pada 25 Juli lalu. Politisi Ha Tae Kyung menarankan pada pertemuan Komite Pertahanan Nasional bahwa pencapaian luar biasa dalam industri budaya populer harus memenuhi syarat untuk mendpat pengecualian wajib militer.

Foto: Rolling Stone

Argumen yang ia bawa mengikat pada kesuksesan di puncak tangga lagu Billboard dianggap sama berharganya dengan memenangkan kompetisi musik klasik internasional yang bergengsi. Pesan ini bermaksud agar siapaun yang meraih prestasi tersebut akan mendapat pembebasan militer sesuai dengan hukum yang relevan.

Ia menyarankan agar merevisi undang-undang yang ada, pertama disusun pada tahun 1973 dan terakhir diperbaharui pada tahun 2015. Ini kemungkinana diperbaharuai oleh fakta yang terkait BTS meraih 2 posisi teratas chat Billboard 200 album di tahun 2018.

karena wajib militer adalah hal yang sensitif di Korea, diskusi intens telah dilakukan. Ada juga reaksi balasan, dengan petisi online yang meminta pembubaran BTS yang diajukan ke Blue House sejak 25 September lalu. Hingga kini telah ditandatangani oleh lebih dari 3000 warga. (klik di sini)

Foto: Situs Kepresidenan Korea

“Sangat memalukan jika kabar seolah-olah ketujih anggota [BTS] membebaskan diri dari wajib militer. Faktanya, mereka berniat untuk melakuakan hal sebaliknya,” ungkap Do Jong Hwan terkati permasalahan tersebut. Ia menambahkan jika rencana untuk menyelesaikan hal ini dengan pembebasan wajib militer sedang berlangsung.

“Kementrian Pertahanan akan bekerja sama dengan Kepala Departemen Kebudayaan dan Seni untuk merancang solusi Alternatif yang masuk akal bagi para seniman,” tandasnya.

Sumber: The Korea Herald

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.