Now Reading:
5 Tanda Kulit Mengalami Dehidrasi dan Cara Menanggulanginya
Full Article 3 minutes read

5 Tanda Kulit Mengalami Dehidrasi dan Cara Menanggulanginya

kholic.id – Masuki musim penghujan dan cuaca berangin, kondisi kulit biasanya mulai tunjukkan perubahan yang signifikan. Salah satunya, kulit mulai terasa kering dan kaku.

Tahukah Chingudeul bahwa gejala kulit dehidrasi bisa dialami siapa saja, tidak hanya pemilik kulit kering? Kulit yang dehidrasi biasanya mengalami beberapa masalah seperti kulit mengelupas atau terasa kasar dan tidak halus saat diraba. Dengan bantuan dematologis, ini dia 5 gejala utama kulit yang mengalami dehidrasi serta cara ampuh untuk menanggulanginya.

1. Kulit Terlihat Kusam dan Lelah

Tanda awal dari gejala kulit kering adalah wajah terlihat kuyu dan tidak menarik. Wajah yang kuyu bisa mempengaruhi penampilan secara keseluruhan dan membuat wajah terlihat lebih tua.

2. Kulit Mengelupas dan Kasar

Wajah yang terasa kasar seperti tekstur kertas amplas menjadi gejala yang paling biasa ditemui bagi pemilik kulit dehidrasi. Itu adalah tanda kulit sedang membutuhkan moisturizer yang lebih banyak. Semakin parah, terkadang kulit bisa mengelupas.

3. Kulit Terasa Kencang dan Gatal

Selain terasa kasar dan terlihat kusam, tanda kulit yang dehidrasi bisa dimulai dengan perasaan tidak nyaman seperti kaku, kencang, dan gatal. Kondisi ini semakin timbul setelah mencuci muka atau terkena udara dingin.

4. Mulai Timbul Banyak Jerawat atau Bintik Kecil di Kulit

Masih menghubungkan jerawat dengan kulit berminyak? Nyatanya, kondisi kulit dehidrasi juga bisa menimbulkan jerawat. Masalah kulit ini timbul karena lapisan atas kulit mengalami kerusakan seperti pecah-pecah dan terlalu kering sehingga lapisan kulit bawah mengalami peradangan.

5. Kulit Pecah-Pecah, Terasa Sakit, dan Tidak Nyaman

Beberapa kondisi kulit dehidrasi disebabkan dari perpaduan masalah lingkungan/cuaca, kesalahan pola diet, pengobatan, atau kesalahan dalam lakukan langkah perawatan kulit (skincare). Kulit yang dehidrasi pun akan terasa semakin menyakitkan hingga membuat pecah-pecah bahkan mengalami pendarahan.

Lalu, bagaimana cara menanggulangi masalah kulit seperti yang telah dijabarkan di atas? Ahli dermatologi bersertifikat yang juga penulis best seller Dr. Debra Jaliman membeberkan beberapa bahan aktif dalam skincare yang bisa mengobati gejala dan masalah kulit dehidrasi.

Foto: ist

“Mulailah memakai produk skincare yang mengandung bahan aktif Hyalurinic Acid, Ceramides, atau Glycerin.”

“Hyaluronic Acid sangat menghidrasi dan punya efek anti penuaan. Zat ini sangan baik untuk mengelupaskan sel kulit mati dan juga direkomendasikan sebagai pembersih wajah. Sementara Ceramides sangat bagus untuk menjaga sel kulit agar terus ‘terikat’. Zat ini fungsinya sama seperti kolagen. Kulit jadi lebih kenyal, lembap, dan sejuk saat disentuh.”

“Di sisi lain, Glycerin bekerja di kulit seperti selimut tebal yang terbuat dari air. Zat ini mampu ciptakan laipsan pelindung bagi kulit sehingga kelembapan bertahan lama di lapisan kulit.”

Dr. Debra Jaliman kemudian melanjutkan, “Pilihlah satu dari 3 zat tersebut yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Selain itu, terlalu sering mandi dengan air hangat juga dapat membuat kulit kering. Kurangilah konsumsi garam dan gula. Perbanyak konsumsi air putih agar proses kelembapan kulit bekerja maskimal dari dalam.”

Sumber: the klog

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.