Now Reading:
6 Penyebab Gejala Penuaan Kulit Datang Lebih Cepat
Full Article 3 minutes read

6 Penyebab Gejala Penuaan Kulit Datang Lebih Cepat

kholic.id – Gejala penuaan kulit sangat mengganggu terutama jika itu datang pada usia muda. Ternyata gejala penuaan kulit datang lebih cepat ada penyebabnya.

Pada usia muda tentunya kita tidak akan membayangkan wajah memiliki keriput maupun garis halus. Namun, tanpa disadari ada beberapa hal yang kamu lakukan saat masih belia tersebut memberikan efek besar yang menimbulkan tanda-tanda penuaan dini. Tentunya hal ini akan menyebabkan penampilanmu terlihat lebih tua dari usia yang seharusnya. Berikut ini adalah 6 penyebab gejala penuaan kulit datang lebih cepat.

1. Konsumsi Minuman Berakohol Secara Berlebihan

Alkohol dapat menyebabkan kulit mengalami dehidrasi dan melebarkan pembuluh darah di kulit, bahkan menyebabkan kulit terlihat kemerahan. Kulit yang kekurangan cairan akan mengalami penuaan lebih cepat dan memberburuk gangguan rosacea.

2. Mengkonsumsi Makanan Manis

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dapat berdampak negatif pada kulit seiring berjalannya waktu. Hal itu dikarenakan gula dapat membentuk kolagen dan membuatnya kaku, membuat kulit terlihat menua. Karena itu, perhatikan diet yang sedang kamu jalani.

Hindari makan-makanan dengan kandungan gula tinggu, atau tambahan pemanis buatan dalam minumanmu. Karena itu dapat melemahkan permukaan kulit dan mendorong munculnya garis-garis halus dan kerutan.

3. Merokok

Merokok memang memberi banyak efek negatif pada kesehatan tubuh. Ternyata rokok tidak hanya membahayakan organ vital tubuh, tetapi juga mempengaruhi penuaan dini pada kulit. Rokok tembakau dapat mengurangi suplai darah ke kulit dan menyebabkan keriput di wajah.

4. Berjemur di Bawah Sinar Mahari

Berjemur di bawah sinar matahari adalah salah satu kegiatan yang biasanya dilakukan saat liburan ke pantai. Namun, aktivitas ini ternyata bisa memicu penuaan dini pada kulit. Dampak sinar matahari bersifat kumulatif, menerima paparan sinar matahari selama 10 menit setiap hari sudah mampu memicu memicu gangguan buruk dan membuat kulit menjadi lebih tua.

Maka dari itu selalu gunakan tabir surya dari UVA yang dapat masuk ke lapisan kulit terdalam dan UVB yang dapat melindungi dari luka bakar saat kamu berada di bawah sinar matahari.

5. Polusi Kendaraan

Kota-kota besar pada umumnya memiliki tingkat pencemaran yang tinggi karena banyaknya jumlah kendaraan. berjalan sendirian di lingkungan seperti itu dapat menyebabkan penuaan dini dengan mudah. Radikal bebas, debu, asap kendaraan merupakan salah satu penyebab penuaan dini ketika kulit tidak dibersihkan secara menyeluruh.

Sebaiknya setelah selesai beraktivitas di lingkungan kota yang penuh asap dan debu, bersihkan wajah dengan mengeksfoliasinya. Lalu, gunakan produk yang kaya antioksidan untuk melindungi dan merawat kulit dari polusi udara.

6. Sarung Bantal yang Kotor

Sel kulit selalu diperbarui setiap malam. Jadi, kamu harus selalu memastikan bahwa tidur dan perlengkapan tidur itu berkualitas, salah satunya adalah sarung bantal. Jika kamu memilih bahan sarung bantal yang kasar dapat menyebabkan kulit cepat keriput. Sebaiknya gunakan sarung bantal berbahan satin karena lembut untuk kulit wajah.

Sumber: avoskinbeauty

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.