Now Reading:
Tips Pintar Belanja Kosmetik dan Skincare agar Jadi Konsumen Cerdas
Full Article 3 minutes read

Tips Pintar Belanja Kosmetik dan Skincare agar Jadi Konsumen Cerdas

kholic.id – Berbelanja serta memilih produk kosmetik dan skincare kini jadi kesenangan tersendiri.

Produk yang dipasarkan pun kini semakin bervariasi, membuat banyak orang penasaran dan miliki rasa ingin tahu untuk mencoba produk baru. Akan tetapi, dalam berbelanja produk kosmetik dan skincare, ada beberapa hal yang harus Chingudeul perhatikan dengan seksama. Jika tidak, maka akibatnya bisa fatal.

Apa saja yang harus diperhatikan saat berbelanja produk kosmetik dan skincare? Ini dia!

1. Istilah yang Terdengar Keren Sebetulnya Hanya Bermakna Biasa

Saat berbelanja produk skincare, Chingudeul pasti sering menemukan tulisan seperti ‘non-comedogenic’ atau ‘hypoallergenic’ di bagian kemasan. Terdengar keren dan menjanjikan, ya? Padahal, jika ditelusuri kata-kata tersebut tidak miliki makna yang ‘wah’.

Pihak FDA (BPOM di Amerika) menyatakan, “Arti Hypoallegrenic di tiap perusahaan kosmetik tidak pernah sama. Akan tetapi, rata-rata makna Hypoallergenic adalah ‘produk yang mereka produksi tidak mengandung bahan dan obat berbahaya yang dilarang FDA’. Pada kenyataannya, di dunia dermatologis istilah Hypoallergenic tidak miliki makna besar karena itu sudah menjadi standar semua produk yang dipasarkan untuk masyarakat”.

Sama halnya dengan istilah ‘non-comedogenic’ yang seolah membuat produk tersebut dapat menanggulangi masalah komedo dalam wajah.

“Anda benar-benar jangan percaya dengan produk apapun yang mengklaim sebagai ‘produk non-comedogenic’. Sama seperti hypoallergenic, istilah itu belum ada standar penilaian resmi dari pihak manapun di dunia ini, bahkan FDA.”

2. Jangan Langsung Percaya Iklan

“Iklan dibuat bukan untuk mengedukasi. Iklan dibuat hanya untuk menggiring emosi penonton agar terpikat dengan suatu produk, kemudian membeli dan meyakini produk tersebut miliki fungsi yang sama seperti yang ditawarkan,” Ucap Alicia Freed, pendiri Living Earth Beauty.

Hanya karena kata-kata seperti ‘vegan’, ‘bahan berkualitas’, atau ‘organik’, bukan berarti produk yang ditawarkan, secara keseluruhan, sesuai dengan yang tertulis di iklan. Bisa jadi, kandungan bahan ‘organik’ atau ‘vegan’ hanya dari satu atau dua bahan saja. Bacalah keseluruhan bagian ingredient dalam kemasan secara teliti agar setiap produk sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

3. Beli Produk dari Perusahaan yang Sudah Dikenal Luas

Perusahaan yang bertanggung jawab sudah dipastikan akan dengan senang hati membeberkan informasi produk yang mereka pasarkan secara detail kepada konsumen.

Jika sebuah perusahaan kosmetik atau skincare tidak transparan dalam memberikan kontak seperti website resmi, keterangan produk, sumber bahan utama produk, hingga nomor layanan konsumen, maka sebaiknya kalian hindari saja.

4. Perhatikan Label Sertifikasi. Asli atau Palsu?

Soal label palsu sepertinya sudah menjadi perhatian khusus bagi pengguna setia produk skincare.

Banyak perusahaan yang kini merilis kemasan dengan label resmi khusus guna mencegah adanya pemalsuan. Kemasan yang diberi stiker hologram, atau bahkan cetakan khusus berupa logo emboss bisa dijadikan patokan. Jangan lupa perhatikan produk yang Chingudeul beli sudah terdaftar dalam BPOM atau tidak karena ini adalah hal yang paling penting.

Sumber: the klog

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.