Now Reading:
Calo Konser di Korea Semakin Banyak, Agensi Ambil Tindakan Tegas
Full Article 3 minutes read

Calo Konser di Korea Semakin Banyak, Agensi Ambil Tindakan Tegas

kholic.id – Banyaknya acara yang diadakan para selebritis dengan pengemar yang besar membuat persaiangan untuk memburu tiket semakin tinggi.

Sebagian besar konser yang menampilkan penyanyi terkenal dunia tidak dapat memeuhi keinginan para penggemar, terkait reservasi teiket lewat situs resmi. Pasalnya sering terjadi traffic pada server, karena terlalu banyak orang yang masuk apa saat yang sama.

Mengetahui persaingan sengit akan terjadi, fans sudah bersiap-siap sejak hari pertama, kadang demi mendapatkannya mereka membelinya secara ilegal. Mereka menggunakan beberapa ID rekan dengan harapan bisa membeli lebih dari 1 tiket atau menggunakan situs perdangan online ilegal.

Semakin penyanyi terkenal penyanyi yang akan tampil, semakin besar mempi buruk pada penggemar. Calo online merenggut semua kursi terbaik dengan mengguankan program khusus dan mendapatnkannya lebih cepat dari cara pada umumnya. Para calo lalu menjual kembali dengan harga yang sangat tinggi.

Hingga kini belum ada cara efektif untuk menghentikan pembelian ilegal tersebut, karena tidak ada hukum yang jelas. Tetapi ketika masalah semakin besar, baik penyanyi maupun fans menjadi korban memutuskan untuk menggambil tindakan.

Foto: Melon

Foto: Melon

Contohnya IU dan agensinya, Kakao M yang sudah mengambil kebijakan terpuji terkait masalah ini. Menurut pengumuamn yang beredar pada 27 September, jika terdeteksi adanya kecurangan perdengan tiket, agensi akan membeli tiket tersebut untuk melihat informasi pendaftaran, membatalkan tiket dan mengambil tindakan hukum. Jika penjual tiket merupakan anggota klub fans resmi IU, orang tersebut akan dihapus secara permanen dari klub dan tidak dapat menghadiri IU lainnya.

Tidak hanya pihak artis, penggemar jugha meakukan yang terbaik demi memburu calo online. Beberapa penggemar secara sukarela sebagai “pemburu tiket ilegal”, mencari iklan pejualan tiket dengan harga tinggi dan melaporkannya kepada agensi. Beberapa agensi memberi kompensasi kepada orang-orang yang membuat laporan seperti itu agar mendorong lebih banyak penggemar untuk berpartisipasi dalam menghentikan calo tiket. Biasanya semakin mendekati tanggal rilis tiket, tips tersebut bisa ditemukan secara online yang menujukan cara melaporkan perdangannn tiket tidak sah.

Foto: Kakao M

Kini erdangan tiket tidak sah masih menjadi pelanggaran ringan di bawahan Minor Offenses Act, tetapi hanya jika terjadi di tempat kejadian alias offline. Broker tiket online tidak dituntut berdasarkan undang-undang yang tertulis saat ini.

Semoga ini bisa menjadi pelajaran bagi para penyelenggaran acara baik K-pop atau lainnya di Indonesia!

Sumber: The Korean Herald

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.