Now Reading:
7 Manfaat Lain Micellar Water untuk Wajah
Full Article 3 minutes read

7 Manfaat Lain Micellar Water untuk Wajah

kholic.id – Produk micellar water kini banyak beredar di pasaran karena fungsinya yang telah diakui luas sebagai pembersih make up.

Salah satu keunggulan micellar water adalah formulanya yang ringan namun mampu mengangkat sisa make up dan kotoran di wajah hanya dengan usapan lembut. Micellar water merupakan cairan cleanser sebening air yang pembuatannya menggunakan ‘teknologi misel’, yaitu molekul pembersih berbentuk bola-bola kecil (micell ball) yang kemudian dimasukkan ke dalam air (H2O).

Miliki sifat bebas alkohol, micellar water dipilih oleh pemilik kulit sensitif sebagai pembersih wajah paling aman. Lalu, apakah micellar water cuma berfungsi untuk bersihkan wajah dari sisa make up dan kotoran? Ternyata tidak! Ada banyak kegunaan micellar water, di antaranya sebagai berikut!

1. Toner

Miliki kandungan yang ringan dengan bahan dasar air bermineral membuat micellar water sangat ramah di wajah. Saat dipakai sebagai toner, micellar water dapat melembapkan kulit wajah.

2. Pembersih kuas make up

Malas membersihkan kuas make up dengan sabun karena khawatir meninggalkan residu sabun? Saatnya manfaatkan air micellar water-mu! Cukup tuang sedikit micellar water ke dalam plastik/mangkuk kecil, lalu celup bagian kuas make up hingga semua kotoran larut terangkat. Bilas dengan air, kemudian kibas dan angin-anginkan hingga kering.

3. Bersihkan sisa lem bulu mata

Melepas bulu mata palsu memang menyenangkan. Akan tetapi, sisa lem yang menempel di kulit kelopak mata bisa jadi masalah tersendiri. Salah membersihkan, bisa-bisa kulit jadi iritasi.

Cara terbaik untuk menghilangkannya adalah dengan basahkan ujung cotton bud atau kapas dengan micellar water, lalu usap perlahan ke lem bulu mata yang masih menempel hingga bersih.

4. Face mist

Beraktivitas di bawah cuaca terik kadang membuat kulit jadi gerah, terasa panas seperti terbakar, hingga kemerahan. Untuk menenangkan kondisi kulit, semprotkan micellar water yang sebelumnya telah dikemas ke dalam botol semprot kecil ke seluruh wajah. Tepuk-tepuk sebentar lalu bersihkan sisa air dengan kapas.

5. Obati ruam kulit

Percayakah kalian bahwa micellar water bisa mengobati ruam kulit seperti gatal kemerahan dan iritasi? Saat kulit mulai timbul ruam, tuang sedikit micellar water lalu tepuk-tepuk ke bagian yang sakit. Bisa juga dengan cara menuangkan micellar water ke kapas, lalu kompres kapas tersebut ke area yang dibutuhkan.

6. Menghilangkan hair spray pada rambut

Suka lakukan styling rambut dengan hair spray, hair foam, pomade, atau gel? Terkadang, produk styling rambut susah dihilangkan meski telah dicuci dengan shampo berulang kali. Agar lebih aman, semprotkanlah micellar water ke bagian rambut yang kaku setelah di-styling, kemudian usap secara lembut hingga rambut halus kembali.

7. Pelembap

Dalam keadaan darurat, pakailah micellar water sebagai pelembap wajah setelah mencuci muka. Kandungan mineralnya mampu menutrisi kulit sementara kadar air dengan konsentrasi tinggi dapat melembapkan kulit dengan segera. Tapi jangan lupa, pakai sunscreen agar kulit Chingudeul tidak terkena efek buruk sinar UVA dan UVB, ya!

Sumber: (1), (2)

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.