Now Reading:
8 Istilah Penting di Dunia Fandom K-Pop yang Harus Kamu Tahu
Full Article 4 minutes read

8 Istilah Penting di Dunia Fandom K-Pop yang Harus Kamu Tahu

kholic.id – Dunia fandom K-Pop miliki banyak istilah unik dan menarik, sebagian besar hanya diketahui maknanya oleh penggemar K-Pop.

Rata-rata istilah ini diambil dari Bahasa Korea yang sudah lama digunakan oleh peggemar Korea untuk menggambarkan idola mereka. Berkat berkembangnya teknologi dan musik K-Pop ke hampir seluruh dunia, berbagai istilah baru pun muncul. Apa saja kata dan istilah yang sering digunakan penggemar K-Pop? Ini dia 8 di antaranya!

1. Bias

“Siapa bias-mu?” adalah hal yang paling sering ditanyakan di antara para penggemar K-Pop. Kata ‘bias’ berartimember grup yang paling disukai’.

Banyak faktor kenapa penggemar memilih seorang member idol sebagai bias-nya, mulai dari kemampuan menyanyi, menari, karakter sehari-hari, hingga cara sang idol dalam berinteraksi dengan orang sekitar dan penggemar. Uniknya, kata ini juga ciptakan istilah baru yaitu ‘Bias Wrecker’ yang berarti ‘idola kedua (dari satu grup yang sama) yang posisinya hampir sama kuat dengan bias pertama untuk diidolakan’.

2. Stan

Foto: IME Indonesia/YG Entertainment

Penggemar berat sebuah grup yang mendedikasikan dirinya bagi idol/grup favorit. Kata ini dirujuk pada penggemar yang benar-benar mengidolakan artis favoritnya sehingga terlibat secara emosional (dan finansial) yang kadang tidak masuk di akal.

Harus diingat, kata ‘stan’ tidak hanya digunakan dalan dunia K-Pop karena ini sudah menjadi kata umum bagi seseorang yang mengidolakan atau mencintai satu artis atau grup.

3. Comeback

Istilah ‘comeback’ termasuk yang paling sering digunakan dalam dunia K-Pop, kata ini miliki arti ‘musik/lagu/album baru yang akan segera rilis’.

Acara musik seperti Inkigayo atau Music Bank biasanya digunakan sebagai ‘comeback stage’ yang berarti ‘aksi panggung perdana sang artis/idol dengan membawakan lagu baru untuk promosikan album yang dirilis’. Deretan foto poster atau video teaser biasanya mengiringi proses comeback untuk meningkatkan antusiasme penggemar.

4. Sasaeng (Penggemar Hidup atau Mati)

Istilah ‘sasaeng’ merujuk pada penggemar ekstrim yang miliki obsesi tinggi untuk terus
mengikuti perkembangan sang idola. Biasanya, mereka melakukan hal yang melewati batas seperti membuntuti diam-diam hingga mengirim ancaman.

Kata ini miliki konotasi negatif. Penggemar ‘reguler’ sangat membenci ‘sasaeng’ karena
dianggap menyalahi makna rasa cinta penggemar yang sesungguhnya.

5. Jikcam/Fan Cam

 

Kata ‘Jikcam’ diterjemahkan sebagai ‘kamera langsung’, yang merujuk pada video hasil rekaman langsung dari sang penggemar.

Beberapa orang tertentu mengikuti setiap jadwal idola kesayangan dan merekamnya dalam jepretan foto atau video dengan kualitas tinggi (HD), lalu memberikan watermark khusus di tiap karyanya. Merea disebut sebagai ‘Master-nim’, dan terkadang sang idola sudah mengenali wajah mereka (sehingga terjadi kontak mata di beberapa foto/video).

Banyak penggemar menyukai hasil rekaman persembahan fan cam seperti ini karena dinilai lebih jujur dan apa adanya dibanding hasil rekaman media komersil.

6. All-Kill

‘All-Kill’ adalah capaian tinggi saat sebuah musik K-Pop berhasil menjuarai posisi teratas di berbagai tangga lagu digital Korea, biasanya termasuk dalam streaming digital dan jumlah unduhan (download) lagu dari situs resmi seperti Mnet, Bugs, Melon, dan Soribada.

Istilah lain yaitu ‘Triple Crown’ berarti saat sang artis berhasil menjuarai tangga lagu di 3 acara musik TV Nasional Korea: SBS Inkigayo, KBS Music Bank, dan MBC Show! Music Core.

7. Eye Smile

Foto: ist

Istilah ini muncul ketika sang idola kesayangan tersenyum manis hingga mata mereka
menciptakan bentuk bagai bulan sabit. Bentuk senyuman seperti ini dianggap sangat menyentuh hati penggemar karena memperlihatkan ketulusan dan kebahagiaan sang idola.

8. Maknae

Kata ‘Maknae’ dalam Bahasa Korea digunakan sebagai sebutan bagi anggota keluarga termuda (bontot). Dalam dunia K-Pop, istilah ‘maknae’ agak bergeser menjadi member dengan usia paling muda di antara member lainnya’.

Apakah ada istilah lain di dunia K-Pop yang menurut Chingudeul unik?

Sumber: kpopherald

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.