Now Reading:
Kontroversi Aktris Korea Claudia Kim Sebagai Nagini di Film J.K Rowling ‘Fantastic Beasts 2’
Full Article 3 minutes read

Kontroversi Aktris Korea Claudia Kim Sebagai Nagini di Film J.K Rowling ‘Fantastic Beasts 2’

kholic.id – Aktris Korea Selatan Claudia Kim sukses hebohkan dunia perfilman internasional setelah nama dirinya terkuak sebagai pemeran karakter Nagini di film terbaru karya J.K. Rowling, Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald.

Karakter yang diperankan oleh Claudia Kim ini akhirnya dibocorkan dalam video trailer final film Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald yang dirilis resmi pihak Warner Bros (25/09). Sebelumnya, sejak proyek Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald mulai digarap, detail karakter yang diperankan Claudia Kim selalu dirahasiakan dan membuat jutaan penggemar kisah Fantastic Beasts penasaran.

Foto: ist/youtube/Warner Bros

Akan tetapi, penjelasan karakter Nagini yang dibeberkan oleh J.K. Rowling, sang pengarang buku Fantastic Beasts sekaligus penulis naskah Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald baru-baru ini justru membuat netizen geram.

J.K. Rowling menjelaskan bahwa karakter ‘Nagini’ merupakan gambaran fiktif dari ‘Naga’, hewan mitologi asal Indonesia. Ia juga membeberkan soal ‘Indonesia yang miliki sekian ribu kelompok etnis termasuk Jawa, China, dan Betawi‘.


Netizen yang merupakan penggemar novel Fantastic Beasts dari berbagai belahan dunia pun geram dengan penjelasan tersebut.

Menurut mereka, J.K. Rowling tidak miliki banyak representasi saat menulis buku Fantastic Beasts. Menunjuk aktris Korea (Claudia Kim) sebagai pemeran Nagini hanya karena ia berwajah ‘Chinese’ -dan oleh J.K. Rowling etnis ‘China’ disebut sebagai satu dari ribuan etnis yang ada di Indonesia- adalah sebuah kesalahan besar.


Tak hanya itu, netizen juga menjelaskan bahwa ‘Naga’ merupakan hewan mitologi dari kisah Hindu, bukan Indonesia seperti penjelasan sang penulis. Hal ini pun akhirnya merambat hingga sentimen netizen terhadap J.K. Rowling yang dianggap masih gemar memosisikan wanita Asia sebagai ‘peliharaan setia’ pria kulit putih dengan penggambaran karakter yang negatif.

Sementara itu, sebelum Claudia Kim ditunjuk sebagai pemeran Nagini, nama aktris asal Indonesia Acha Septriasa sempat nyaris perankan karakter tersebut. Sayangnya, Acha Septriasa menolak karena dirinya kini sedang mengandung anak ke-2.

 

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.