Now Reading:
Perbedaan Dasar Freckles, Hiperpigmentasi, Melasma, dan Flek Hitam Pada Wajah
Full Article 2 minutes read

Perbedaan Dasar Freckles, Hiperpigmentasi, Melasma, dan Flek Hitam Pada Wajah

kholic.id – Punya kulit bersih dan mulus tanpa noda kini jadi dambaan hampir setiap orang.

Sayangnya, tak sedikit yang kesulitan mendapatkan kulit mulus karena di bagian wajah dan area kulit lainnya muncul noda hitam, baik itu beruba bintik kecil, bercak yang menyebar, hingga noda hitam yang cukup besar. Nyatanya, kerusakan kulit yang satu ini miliki banyak jenis dan ciri khas masing-masing. Bagaimana cara membedakannya? Ini dia!

1. Freckles

Riasan freckles belum lama ini sempat booming berkat dandanan Meghan Merkel di hari pernikahannya dengan Pangeran Harry di Kerajaan Inggris Raya.

Freckles sendiri merupakan kumpulan kluster melanin yang terkonsentrasi (berkumpul) di area wajah, dada, atau lengan dan biasanya timbul semakin parah saat terkena efek sinar matahari. Biasanya, freckles muncul di tubuh orang dari ras Kaukasian yang berkulit putih dan dipengaruhi faktor genetik.

2. Hiperpigmentasi

Post Inflammatory Hyperpigmentation atau yang dikenal dengan hiperpigmentasi terjadi karena proses terbakarnya kulit (inflamasi) dari radiasi sinar UVA dan UVB.

Inflamasi sendiri bisa muncul karena kulit mengalami trauma pada bagian lapisan atas dan tengah (dermis dan epidermis) seperti bekas jerawat, dermatitis, luka, infeksi, hingga reaksi alergi seperti gatal-gatal dan ruam. Trauma kulit tersebut akan berangsur berubah menjadi gelap dan menghitam karena terpapar sinar matahari.

3. Melasma

Masalah kulit yang satu ini biasa muncul di kulit wanita hamil, pengguna pil kontrasepsi, atau yang sedang menjalani terapi hormon.

Melasma sendiri terjadi karena adanya aktivitas melanocytes berlebih akibat menumpuknya hormon esterogen dan progesteron, sehingga memicu produksi melanin saat kulit terkena sinar matahari. Biasanya, melasma muncul di area wajah seperti hidung, pipi, bibir, dan dahi.

4. Flek Hitam

Tidak hanya timbul kerut halus dan keriput, kulit wajah yang semakin menua biasanya ditandai dengan munculnya flek hitam.

Biasanya, flek hitam muncul di kulit orang yang berusia 40 tahun ke atas. Hal ini muncul karena berkurangnya kemampuan kulit untuk mengatasi kerusakan yang ditimbulkan dari kerasnya paparan sinar matahari. Flek hitam terkadang muncul dalam bentuk bercak hitam dengan ukuran cukup besar di bagian tulang pipi, dahi, atau hidung dan dagu.

Sumber: avoskinbeauty

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.