Now Reading:
Efek Samping Diet Keto untuk Kesehatan Wajah Menurut Ahli Kecantikan
Full Article 2 minutes read

Efek Samping Diet Keto untuk Kesehatan Wajah Menurut Ahli Kecantikan

kholic.id – Beragam pola diet yang beredar di kalangan masyarakat terbukti ampuh untuk mengurangi lemak dalam tubuh. Tak hanya itu, efek kesehatan yang lebih baik juga kerap dirasakan sebagai ‘bonus’ tambahan dan membuat pola diet tertentu semakin digemari.

Salah satu pola diet yang kini banyak digemari masayarakat dunia, termasuk Indonesia, adalah diet keto. Banyak orang merasakan efek baik dari diet ini untuk tubuh. Akan tetapi, baguskah diet keto bagi kesehatan kulit terutama wajah?

Diet keto adalah pengaturan pola konsumsi makanan rendah karbohidrat namun tinggi lemak. Diet ini bertujuan untuk menempatkan tubuh dalam kondisi ketosis, sebuah metabolisme di mana tubuh membakar lemak dan bukannya kadar gula. Selain mengurangi massa lemak dalam tubuh, banyak yang mengatakan diet keto memberi efek samping berupa wajah yang lebih bersih bersinar.

Dr. Joshua Zeichner, Direktur cosmetic dermatology di RS Mt. Sinai, New York City, mengatakan, “Kami semua paham bahwa diet yang mengandung kadar gula tinggi dapat mengakibatkan kerusakan kulit lewat berbagai cara.”

“Kadar gula darah yang tinggi dapat mengakibatkan pembengkakan jaringan kulit, yang akhirnya munculkan breakout (jerawat yang tumbuh banyak di satu area wajah -red). Tak hanya itu, zat gula juga dapat mengeraskan kolagen, yang dalam dunia kedokteran disebut acacian process, sehingga dapat memicu pemecahan molekul dan mengakibatkan penuaan diri berupa kerutan wajah dan penuaan dini.”

Lalu, apa langkah terbaik bagi pengguna diet keto agar kecantikan kulit tetap terjaga?

Dr. Joshua Zeichner memberi solusi, “Kurangi produk gula olahan dan karbohidrat secara berkala agar dapat membantu mencegah timbulnya breakout.”

“Belum ada riset dan bukti ilmiah yang menyatakan ‘diet keto dapat membuat wajah lebih bersih’. Sebaliknya, terlalu banyak mengonsumsi zat lemak dalam produk olahan susu justru dapat mempertajam timbulnya breakout. Pilihlah zat lemak yang baik bagi tubuh seperti dalam alpukat atau telur.”

Sumber: the klog

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.