Now Reading:
Alasan Gula Berlebih Menimbulkan Jerawat dan Penuaan Dini
Full Article 2 minutes read

Alasan Gula Berlebih Menimbulkan Jerawat dan Penuaan Dini

kholic.id – Kebanyakan dari asupan yang kita konsumsi mengandu gula. Tidak hanya membuat tubuh lebih besar, si manis ini juga bisa menimbulkan jerawat bahkan membuatmu terlihat lebih tua jika dikonsumsi terlalu banyak.

Sebutan ‘Sugar Face‘ muali trendi dikalangan kecantikan sejak beberapa tahun lalu. Istilah tersebut biasanya didapat oleh orang-orang yang memiliki permasalahn wajah karena terlalu banyak mengkonsumsi gula. So, bagaimana penjelasannya?

Gula bisa melemahkan sistem imun, dan mengejutkan sistem imun yang akan berdampak buruk bagi proses ‘bertarung’ dengan bakteri,” ujar Dr. Lancer, dermatologis Amerika dalam bukunya ‘Younger: The Breakthrough Anti-Aging Method for Radiant Skin’. Bakter terkunci dalam pembuatan jerawat.

Foto: Hani.co.kr

Glukosa berlebihan pun bisa memicu produksi insulin, yang akan menimbulkan malfungsi protein-ulisasi. Gula bertindak sebagai ‘pengacak sinyal’, mempengaruhi produksi protein dan asam amino yang membangun kolagen serta elastisitas. “Gula meningkatkan rantai asam amino dan mengambil alih fungsinya,” ungkap Dr. Lancer.

Mereka juga membentuk testosteron lebih banyak. “Testosteron membuat pori-pori lebih besar, kulit lebih berminyak, mengubah warna kulitmu menjadi [serupa] pemain sepak bola yang terkena terik.”

Bagi wajah sendiri gula akan meningkatkan produksi minyak. Hal ini juga mempengarugi peningkatan kebutuhan air, sehongga kulit terlihat kurang kencang dan kenyal, serta terlihat teroksidasi.

Foto: Rachael Robinson

Ciri orang yang memiliki ‘Face Sugar’ ialah memiliki banyak kerutan dan garius di dahi, bengkak di area mata, kulit kering dan tidak kencang. ini akibat gula yang mendangu moleku yang terikat dengan kolagen dan itu menyebabkan kulit kehilangan elastisitanya.

Melihat fakta ini, bukan berarti kamu tidak boleh mengkonsumsi gula. Jika tidak dikonsumsi secara berlebih, gula bisa jadi sahabat yang baik bagi tubuh.

Cara agar mempercantik ‘Face sugar’ ialah kurangi sebanyak mungkin gula buatan. Hindari karbohidrat simple seperti roti putih dan jauhi makanan olahan. Gunakan madu sebagai penganti atau konsumsi pemanis dari alam seperti buah-buahan dan sayuran.

Sumber: (1), (2)

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.