Now Reading:
Inilah 5 Vitamin yang Bermanfaat untuk Kulit Berjerawat
Full Article 2 minutes read

Inilah 5 Vitamin yang Bermanfaat untuk Kulit Berjerawat

kholic.id – Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat, mulai dari faktor ekstrenal seperti polusi udara, hingga faktor internal seperti ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.

Namun, dari sekian banyak penyebab jerawat, para ahli sepakat bahwa jerawat tidak akan muncul jika seseorang memiliki tubuh yang sehat dan tidak kekurangan vitamin. Untuk mencegah terjadinya jerawat, penting untuk mengetahui jenis vitamin apa yang penting untuk kulit berjerawat. Nah, oleh karena itu, mulailah mengkonsumsi 5 vitamin ini yang bermanfaat untuk kulit jerawat.

1. Vitamin A

Vitamin A diperlukan untuk membantu menyembuhkan jerawat, tetapi pastikan kamu mengkonsumsinya dengan benar. Vitamin A yang diminum, atau dikenal juga sebagai retinoid isotretinoin, digunakan untuk menyembuhkan peradangan kulit dan jerawat yang parah, saat pengobatan lain tidak berhasil. Selain bermanfaat untuk pergantian sel kulit, isotretinoin juga berfungsi untuk mengurangi produksi sebum.

2. Vitamin B

Perubahan hormon yang tidak stabil dalam tubuh adalah salah satu penyebab munculnya jerawat. Untuk membantu mencegah jerawat, mengkonsumsi vitamin B-6 sangat baik saat datang bulan. Karena, vitamin B-6 dapat membantu mengurangi tingkat sensitivitas kulit terhadap testosterone. Selain itu, vitamin B-6 juga dapat membantu sintesis RNA dan DNA untuk memperbaiki lapisan kulit yang rusak akibat jerawat.

3. Vitamin C

Mengkonsumsi vitamin C bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan timbulnya jerawat karena mengandung anti-oksidan. Vitamin C juga berguna untuk mengatasi kemerahan dan radang pada kulit akibat jerawat. Jeruk adalah salah satu sumber vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh dan memiliki manfaat untuk kesehatan kulit.

4. Vitamin D

Vitamin D dikenal sebagai vitamin yang baik untuk memperkuat tulang. Selain itu, vitamin D juga bersifat anti-inflamasi dan anti-microbial yang dapat mencegah pertumbuhan jerawat. Vitamin D merupakan hormon yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi hormon lain, jadi jika kekurangan vitamin D akan membuat hormon menjadi tidak seimbang. Ini akan menyebabkan kelenjar minyak menghasilkan lebih banyak sebum yang bisa memicu timbulnya jerawat.

5. Vitamin E

Selain sebagai antioksidan, vitamin E juga memiliki banyak manfaat untuk kulit, seperti mencegah jerawat, mencegah penyebaran bakteri yang berasal dari komedo yang pecah, dan berfungsi untuk memastikan kinerja vitamin A di dalam kulit. Sumber vitamin E dapat ditemukan dalam buah-buahn seperti alpukat, tomat, dan kacang almond.

Sumber: avoskinbeauty

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.