Now Reading:
Kurangi Mengkonsumsi 5 Jenis Makanan Ini Agar Terhindar Dari Kulit Berminyak
Full Article 3 minutes read

Kurangi Mengkonsumsi 5 Jenis Makanan Ini Agar Terhindar Dari Kulit Berminyak

kholic.id – Pernah kamu mendengar ungkapan ‘You are what you eat‘ (Kamu adalah apa yang kamu makan)? Ternyata, ungkapan ini benar-benar berlaku untuk kondisi kulit.

Makanan yang kamu konsumsi setiap hari dapat memiliki dampak langsung pada kulit, misalnya membuat kulit menjadi berminyak. Sebenarnya, kulit berminyak sangat rentan terhadap masalah kuit lainnya seperti jerawat, whiteheads, dan komedo. Oleh karena itu, kurangi atau bahkan hindari mengkonsumsi 5 jenis makanan ini agar terhindar dari kulit berminyak.

1. Makanan Manis

Jika kamu adalah penggemar berat makanan manis dan mengkonsumsinya hampir setiap hari, jangan terkejut jika kulitmu menjadi berminyak. Mengkonsumsi makanan manis tentu akan berdampak pada kadar gula darah, yang akan memicu produksi insulin. Nah, produksi insulin ini akan menyebabkan kelenjar sebum dalam tubuh memproduksi lebih banyak minyak.

Jadi, jika kamu ingin mengindari kulit berminyak, usahakan untuk menghindari konsumsi kue, biskuit, es krim, minuman ringan, dan makanan manis lainnya. Termasuk dessert kekinian yang sering dihiasi dengan berbagai topping. Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan manis yang tentunya jauh lebih sehat dan kaya akan vitamin.

2. Makanan Pedas

Mengkonsumsi makanan pedas memiliki beberapa manfaat kesehatan seperti mempercepat metabolisme atau mengurangi gejala flu. Namun, sensasi pedas cabai bisa menimbulkan sensasi panas pada tubuh, yang akan merangsang tubuh untuk memproduksi minyak.

Tapi, kamu tidak harus langsung menghindarinya. Asalkan kamu tidak menyantap makanan pedas secara berlebihan dan terus menerus, semua akan baik-baik saja. Namun, akan lebih baik jika kamu menyeimbangkannnya dengan mengkonsumsi sayuran seperti mentimun yang kaya akan air untuk menyejukkan sekaligus menghidrasi tubuh.

3. Kafein

Baik dari pagi hari ketika tiba di kantor, setelah makan siang, selama pertemuan, sampai ketika kamu bertemu teman-teman Anda di akhir pekan, sepertinya kopi dan teh selalu menemukan hari-harimu.

Namun, kamu harus berhati-hati, pasalnya mengkonsumsi teh dan kopi yang merupakan minuman berkafein dapat membuat tubuh kekurangan cairan. Sementara itu, ketika tubuh dan kulit kekurangan cairan, tubuh akan secara refleks mengkonsumsi lebih banyak minyak. Untuk mengatasinya, kurangi frekuensi konsumsi minuman berkafein dan pastikan untuk mengkonsumsi lebih banyak air sesudahnya.

4. Produk Olahan Susu

Produk olahan susu atau dairy products seperti susu, keju, yogurt, es krim, susu kental manis, susu bubuk, dan susu kemasan sering disarankan untuk dihindari dalam berbagai jenis diet. Produk susu mungkin kaya kalsium, tetapi mereka juga kaya akan kandungan hormon tinggi. Hal ini bisa menstimulasi kelenjar sebum untuk memproduksi minyak lebih banyak pada kulit.
Sebagai alternatif untuk sumber kalsium yang lebih sehat, kamu dapat mengganti susu dengan sayuran hijau seperti bayam, brokoli, atau kale. Selain itu, susu almond dan susu kedelai juga bisa menjadi pilihan.

5. Karbohidrat Olahan

Makanan olahan yang kaya karbohidrat seperti nasi, sereal, roti, pasta, mi instan, junk food, dan jus olahan juga akan membuat kulit lebih berminyak. Hal ini disebabkan kadar gula yang tinggi yang sering terkandung di dalamnya sehingga membuat kelenjar sebum meningkatkan produksi minyak di kulit.

Padahal, kulit berminyak bisa menjadi sumber masalah kulit lain seperti komedo dan jerawat. Jika sulit untuk menghindari jenis makanan ini, kamu dapat mulai dengan mengurangi jumlah asupannya terlebih dahulu.

Sumber: avoskinbeauty

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.