Now Reading:
Hindari 6 Kesalahan Ini Saat Menggunakan Makeup Agar Terhindar dari Jerawat
Full Article 3 minutes read

Hindari 6 Kesalahan Ini Saat Menggunakan Makeup Agar Terhindar dari Jerawat

kholic.id – Munculnya jerawat dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah riasan.

Jerawat selalu menjadi masalah bagi banyak orang, terutama wanita. Penyebabnya pun beragam. Mulai dari gaya hidup yang tidak sehat, hormon dalam tubuh yang kurang seimbang, hingga riasanmu pun bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Jadi, agar wajah bebas dari jerawat, kalian harus menghindari 6 kesalahan ini saat menggunakan riasan.

1. Terlalu Banyak Menggunakan Foundation

Foto: pinsdaddy

Jika kamu berpikir mengaplikasikan foundation dengan tebal akan memberi tampilan yang sempurna, maka kamu salah. Menggunakan terlalu banyak produk kosmetik, terutama foundation hanya akan menyumbat pori-pori wajahmu. Hal inilah yang menyababkan timbulnya jerawat.

Selain itu, jika menggunakan terlalu banyak foundation, terutama di area wajah yang berjerawat, maka akan memperburuk kondisi kulit. Ini terjadi karena bisa memperlambat proses penyembuhan jerawat dan berpotensi menyebabkan iritasi.

2. Tidak Menggunakan Pelembab

Foto: stylenanda

Sebagian dari kalian mungkin masih ada yang malas menggunakan pelembab. Jadi, mulai sekarang, biasakan untuk rajin menggunakannya. Tidak hanya membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan terhindar dari hidrasi, menggunakan pelembab sebelum mengaplikasikan riasan dapat membuatnya lebih menempel, karena kondisi kulit yang lembab. Selain itu, kulit wajah juga terlindungi karena produk rias tidak langsung mengenai kulit wajah.

3. Menggunakan Kuas Makeup yang Kotor

Foto: freepik

Kuas atau spons makeup yang kotor bisa menjadi tempat yang baik bagi bakteri untuk berkembang. Bayangkan jika kamu merias wajah dengan kuas kotor, itu berarti kamu memindahkan bakteri dari brush tersebut ke wajah. Oleh karena itu, bersihkan alat riasnmu secara teratur. Kamu bisa membersihkannya dengan cara mencampurkan sampo bayi ke dalam air hangat, lalu rendam kuas makeup di dalamnya, bilas dengan air bersih dan keringkan. Untuk spons, lakukan hal yang sama, namun jika terlalu kotor, gantilah dengan yang baru.

4. Menggunakan Produk Berbahan Dasar Minyak

Kulit berminyak adalah salah satu penyebab jerawat. Jika menggunakan kosmetik dengan bahan dasarminyak, itu berarti kamu hanya menambahkan minyak pada wajah. Inilah yang bisa menyebabkan wajah menjadi berjerawat. Untuk itu, pilih produk make up yang memiliki label bebas minyak (oil-free) dan non-comedogenic.

5. Menerapakan Makeup Menggunakan Jari Kotor

Foto: dailyvanity

Hampir sama dengan kuas makeup, jari kotor juga dapat berdampak buruk pada kulit wajah sehingga menyebabkan jerawat. Jika kamu nyaman merias wajah menggunakan jari-jari, pastikan semua jari telah tercuci bersih bersih.

6. Membersihkan Wajah dengan Cara yang Salah

Foto: pinterest

Kesalah ini yang paling sering dilakukan. Selelah apapun kamu, dan setelah seharian beraktivitas dengan riasan yang menempel di wajah, kamu wajib membersihkannya dengan benar. Selalu gunakan langkah pembersihan ganda (double cleansing) ketika menggunakan makeup.

Langkah pertama adalah menggunakan cleansing milk, cleansing balm, cleansing oil, atau micellar water untuk membersihkan makeup. Kemudian, bersihkan sisa makeup dan pembersih wajah langkah pertama dengan membasuhnya menggunakan sabun pembersih seperti facial foam. Dengan cara ini, semua kotoran, minyak, debu, dan sisa makeup akan terangkat sempurna dan wajahmu akan bebas dari jerawat.

Sumber: avoskinbeauty

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.