Now Reading:
Sensitif Soal Jepang, Warga Korea Ramai Tandatangani Petisi Menolak Kisah ‘Mr. Sunshine’
Full Article 2 minutes read

Sensitif Soal Jepang, Warga Korea Ramai Tandatangani Petisi Menolak Kisah ‘Mr. Sunshine’

kholic.id – Warga Korea telah membentuk satu petisi pemerintah untuk melawan ketidaktepatan sejarah di drama tvN Mr. Sunshine.

Terhitung per tanggal 7 Agustus pukul 10:30 KST, petisi ini telah ditandatangani lebih dari 27.000 netizen. Sebelumnya, permintaan untuk penolakan atas ketidakakuratan sejarah di kisah drama itu telah diunggah di bagian ‘petisi warga’ di website resmi The Blue House (Chongwadae).

Foto: news.nate

Petisi ini berisi, “Jepang merupakan negara penjajah di masa pendudukan Jepang dan di masa perang. Dalam sebuah kenyataan sejarah yang secara terang-terangan terbukti sebagai musuh, sangatlah berbahaya untuk menggambarkan Jepang dengan latar kisah ‘orang yang tidak miliki pilihan lain’ dalam sebuah karakter, sementara posisinya adalah sebagai penjajah.”

Karakter yang dimaksud petisi tersebut tak lain adalah Go Dong Mae, yang diperankan oleh aktor Yoo Yeon Seok.

Foto: ist/youtube/tvN

Go Dong Mae adalah pemimpin dari Black Dragon society di daerah Hanseong (sebelum Seoul -red), yang dalam catatan sejarah merupakan organisasi pro-Jepang. Dengan menampilkan karakter Go Dong Mae yang miliki pesona, Mr. Sunshine dikritik telah meromantisasi sesuatu yang medukung Jepang.

Sebagai respon, tim produksi memodifikasi karakter tersebut sebagai tokoh fiksi, dan menambahkan kalimat, ‘Beberapa organisasi dan karakter dalam drama ini adalah fiksi‘ di tiap pembuka episode.

Foto: ist/tvN

Warga yang membuat petisi juga menyatakan, “Mereka (tim produksi -red) secara pelan-pelan dan bertahap menutupi kesadaran kita akan bahaya ketidakakuratan sejarah. Sehingga, nantinya kenyataan sejarah yang penting menjadi dianggap enteng. Jika berbicara soal fiksi, masih ada beberapa drama yang secara akurat menggambarkan situasi orang-orang Joseon dengan baik.”

Petisi ini ditutup dengan tulisan, “Kami terus mengawasi bagaimana tim produksi memperlihatkan kebudayaan Joseon sebagai sesuatu yang ‘tidak beradab’. Selain karakter Go Ae Shin, para pemeran utama lainnya telah menunjukkan sikap dukungan terhadap Jepang. Motif karakter-karakter tersebut juga menggambarkan Joseon bukanlah sebuah negeri yang sedang dijajah, melainkan sebuah negeri yang ‘keadaannya sudah seperti itu’ sejak awal.”

Bagaimana menurut Chingudeul? Semoga permasalahan ini segera menemui titik terang, ya.

Sumber: news.nate

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.