Now Reading:
Agar Tak Keliru, Ini Perbedaan Skincare Whitening dan Brightening
Full Article 3 minutes read

Agar Tak Keliru, Ini Perbedaan Skincare Whitening dan Brightening

kholic.id – Istilah Whitening dan brightening dalam produk skincare mungkin kedengarannya memiliki fungsi yang sama bukan? Namun nyatanya, keduanya memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda.

Produk skincare sendiri memiliki banyak jenis dan penggunaannya tergantung pada masalah kulit yang kita hadapi. Dua diantara skincare yang paling banyak dicari adalah skincare whitening dan juga brightening. Pastinya banyak dari kalian yang mengira kedua jenis skincare ini sama, padahal kenyataannya skincare whitening dan brightening ternyata berbeda. Berikut penjelasannya.

– Whitening

Skincare Whitening tentu saja berfungsi untuk membuat kulit kita lebih putih. Pada umumnya, cara kerja produk whitening adalah dengan menghambat produksi melanin pada kulit. Melanin yang dihasilkan oleh enzim tirosinase merupakan zat yang memberikan warna pada kulit. Sebenarnya melanin berfungsi juga untuk melindungi kulit dari sinar UV, tetapi produksi melanin berlebih bisa menyebabkan warna kulit jadi tidak merata dan juga terjadi hiperpigmentasi.

Secara tradisional pemutih seperti HQ (hydroquinine) biasanya ditambahkan ke dalam krim untuk memutihkan kulit. Untuk hasilnya, bahan ini dapat menghasilkan kulit yang lebih putih dari kulit asli yang kamu miliki. Hydroquinine juga sangat efektif dalam memperlambat produksi melanin, tetapi penelitian menunjukkan bahwa terdapat efek samping yang serius terkait dengan penggunaan jangka panjang dari bahan sintetis.

– Brightening

Berbeda dengan produk skincare whitening, skincare brightening umumnya berfungsi mencerahkan kulit dengan mengelupaskan kulit. Kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, polusi, dan faktor-faktor lain menyebabkan penumpukan sel-sel kulit mati. Kulit memiliki kemampuan untuk beregenerasi dengan sendirinya, tetapi dalam kasus-kasus tertentu kadang-kadang proses regenerasi tidak berjalan maksimal. Dengan bantuan skincare brightening yang mengandung eksfoliasi ini, kamu bisa mendapatkan warna kulit aslimu kembali.

– Whitening vs. Brightening

Keduanya tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kamu dapat memilih produk skincare sesuai kebutuhan. Namun jika dilihat dari efek sampingnya, skincare whitening bukanlah produk yang cocok digunakan dalam jangka waktu yang lama. Penggunaan skincare whitening sebagai rutinitas perawatan dalam jangka panjang akan memberikan efek samping yang kurang baik untuk kulit, karena cara kerjanya dengan menghambat produksi melanin yang sebenarnya penting bagi kulit.

Sedangkan brightening cenderung lebih aman digunakan sebagai rutinitas perawatan kulit. Tetapi yang terpenting kalian harus selalu memperhatikan formula apa yang ada dalam perawatan kulitmu, dan pastikan kandungannya tidak berbahaya bagi kulit.

Meski sama-sama dapat membuat kulit lebih cerah, tapi kedunya memiliki formula, metode, dan hasil yang berbeda. Jadi, mana yang akan kalian pilih?

Sumber: avoskinbeauty

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.