Now Reading:
5 Manfaat Besar Air Kelapa untuk Skincare Menurut Ahli Kecantikan
Full Article 3 minutes read

5 Manfaat Besar Air Kelapa untuk Skincare Menurut Ahli Kecantikan

kholic.id – Air kelapa dikenal sebagai produk organik yang kaya akan nutrisi dan vitamin. Disebut sebagai ‘elixir of life’ alias ‘ramuan kehidupan’, air kelapa juga dipercaya mampu obati berbagai penyakit karena kemurnian yang dimilikinya.

Untuk perawatan kulit alias skincare, ternyata air kelapa juga punya segudang manfaat. Berikut 5 manfaat besar air kelapa yang diungkapkan oleh Ahli Nutrisi Stacey B. Schulman dan pakar dermatologis Dr. Erin Gilbert yang dilansir dari dermastore.

1. Miliki Sangat Banyak Zat Mineral

Sebagai air murni yang tinggi antioksidan, air kelapa miliki kandungan Vitamin C yang tinggi sehingga mampu membentuk formasi kolagen dalam kulit. Air kelapa juga mengandung Vitamin A, K, dan B kompleks yang baik untuk tubuh.

Antioksidan di tiap tetes air kelapa mampu mengusir racun tubuh. Kandungan protein, iron, dan potasium-nya mampu menyeimbangkan kelembapan kulit, sementara kalsium di dalamnya dapat mempercepat pertumbuhan sel kulit.

2. Mampu Memerangi Jerawat

Schulman menjelaskan, air kelapa berfungsi sebagai anti-inflamasi (peradangan), detoks alami, dan anti-mikrobial yang mampu mengurangi pertumbuhan jerawat. Air kelapa juga mampu menurunkan kadar kelebihan minyak dalam kulit, sehingga mampu mengurangi breakout (jerawat yang tumbuh banyak di satu tempat -red).

3. Mengandung Zat Anti Penuaan

Dr. Gilbert mengatakan, vitamin yang terkandung di dalam air kelapa mampu menurunkan gejala penuaan dini pada kulit dan, “Membantu pertumbuhan sel kulit yang rusak untuk bekerja lebih cepat dan ‘sembuh’ secara efektif.”

Kandungan protein cytokin dalam air kelapa mampu mempercepat pertumbuhan sel dan mengaktivasi lebih cepat. Sebagai tambahan, Vitamin C yang terkandung di air kelapa juga ikut membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, serta menyembuhkan iritasi lebih cepat.

4. Mampu Membersihkan dan Menghidrasi saat Dipakai Langsung ke Kulit

Air kelapa miliki manfaat hidrasi yang tinggi sehingga sangat baik jika digunakan sebagai pembersih (cleanser).

“Di dunia ini, sebetulnya sangat banyak orang yang kulitnya kurang terhidrasi,” Ucap Dr. Gilbert. “Hal itu dapat mengakibatkan kulit kering, mengelupas dan gatal, lingkar hitam di bawah mata, hingga kerutan halus.”

Air kelapa dapat melembapkan kulit secara natural tanpa membuat kulit jadi berminyak. Selain itu, kandungan potasium mampu memberikan kelembapan yang seimbang karena air kelapa miliki cairan dan elektrolit yang dibutuhkan kulit.

5. Minum Air Kelapa Menjadi Kebiasaan Sehat

Terbiasa minum air kelapa yang jelas murni, mengandung banyak vitamin, dan mineral merupakan kebiasaan yang baik untuk tubuh. Akan tetapi, perlu diingat bahwa air kelapa juga miliki kadar gula yang tinggi.

“Minum air kelapa secara berlebihan dapat menyebabkan kadar gula darah naik. Tingginya kadar potasium juga dapat berpengaruh pada kesehatan hati (hyperkalemia). Pada dasarnya, sesautu yang berlebihan memang tidak baik. Konsumsilah air kelapa 1 cup (sekitar 180 ml -red) setiap hari atau gunakan air kelapa sebagai produk skincare┬áseperti cleanser atau toner agar manfaatnya lebih terasa.”

Wah, melihat banyaknya manfaat air kelapa untuk kesehatan dan kecantikan kulit, apakah Chingudeul tertarik untuk terus mengonsumsinya?

Sumber: dermstore

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.