Now Reading:
Daerah T-Zone selalu Berminyak dan Berjerawat? Ini Alasan Ilmiahnya!
Full Article 2 minutes read

Daerah T-Zone selalu Berminyak dan Berjerawat? Ini Alasan Ilmiahnya!

kholic.id – Masalah pori kulit memang selalu seru untuk dibahas, terutama bagi pemilik kulit kering dan berminyak alias kombinasi.

Untuk pemilik kulit kombinasi, rata-rata ditampilkan dengan ciri kulit pipi yang kering sementara daerah dahi, hidung, dan dagu (alias T-zone) terasa berminyak. Banyaknya minyak di area T-zone sering menimbulkan penumpukan kotoran yang berakibat timbulnya jerawat dan komedo.

Menurut Joshua Zeichner, direktur riset kosmetik dan klinik dari Mount Sinai Hospital, New York, penyebab utama timbulnya jerawat dan ‘penyumbatan’ pori di area T-zone adalah adanya kelebihan minyak di wajah.

“Produksi minyak wajah biasanya meningkat setiap ada perubahan hormon, pola diet, atau stres fisik dan mental,” ucap dr. Zeichner. Ketika kulit seseorang memproduksi minyak berlebih, “Maka minyak tersebut terperangkap di antara sel-sel kulit dan menjadi lengket, lalu menghalangi follicle (pori tempat tumbuhnya bulu halus di kulit).” Menurut Zeichner, inilah yang menyebabkan pori tersumbat dan timbul komedo serta jerawat.

Lalu, bagaimana cara menyingkirkan masalah pori tersumbat dan kelebihan minyak di daerah T-zone?

“Pertama, ubah pola makan. Apa yang kita makan selalu memberi efek besar pada kulit, entah itu masalah jerawat atau gatal-gatal. Lakukanlah diet rendah gula karena makanan manis dapat membuat infeksi dan iritasi wajah jadi meradang dan memerah.” Ia juga menambahkan, “Susu sapi, dan susu skim pada umumnya juga dapat timbulkan breakout (jerawat yang tumbuh banyak di satu area wajah -red).”

“Kedua, mulailah pakai produk skincare yang mengandung acid. Untuk memerangi jerawat, pilihlah produk cairan toner dengan kandungan salicylic acid karena mampu melenyapkan kelebihan minyak dan mengeksfoliasi kulit mati yang menyumbat pori,” ucap dr. Zeichner.

Untuk pemilik kulit kombinasi, pakailah produk moisturizer hanya di bagian kulit wajah yang kering. Sementara bagian T-zone cukup dibersihkan dengan toner dan dibubuhi sedikit lotion wajah yang ringan.

Nah, sudah tahu kan cara merawat kulit wajah kombinasi terutama di bagian T-zone yang lebih berminyak. Selamat mencoba!

Sumber: the klog

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.