Now Reading:
5 Trik Mudah Memilih Foundation Sesuai Warna Kulit Kamu
Full Article 3 minutes read

5 Trik Mudah Memilih Foundation Sesuai Warna Kulit Kamu

kholic.id – Memilih shade atau warna foundation sesuai dengan warna kulit memang terbilang cukup sulit, terutama bagi para pemula.

Foundation juga merupakan produk makeup yang paling sulit digunakan karena dapat memberikan efek mulus tanpa cela pada kulitmu, atau bisa menimbulkan efek sebaliknya. Jika kamu kesulitan dalam menentukan warna foundation yang tepat, bisa cek 5 trik mudah di bawah ini.

1. Kenali Warna Dasar Kulitmu

Mengenali undertone skin terbilang gampang-gampang susah. Undertone sendiri adalah warna dasar kulit yang ditentukan oleh gen. Artinya warna dasar ini tidak akan berubah meskipun warna kulit mengalami perubahan menjadi lebih cerah ataupun menjadi lebih gelap. Ada tiga jenis undertone, yakni warm, neutral, dan cool.

Foto: wikihow

Cara mudah untuk mengetahui undertone kulit adalah dengan melihat warna pembuluh darah di pergelangan tangan. Jika warna pembuluh darahmu terlihat berwarna biru, maka undertone-mu adalah cool. Kalau terlihat hijau, maka undertone kulitmu adalah warm. Terakhir, kalau warnanya biru kehijauan atau hijau kebiruan, kemungkinan undertone kulitmu adalah neutral.

2. Pilih Foundation yang Menawarkan Banyak Warna

Semakin banyak warna foundation yang bisa dipilih, semakin tinggi kemungkinanmu dapat menemukan shade yang mendekati warna kulitmu. Berkat sejumlah brand kecantikan yang muncul dipasaran, sederet gradasi warna foundation tersedia untuk kita pilih.

Foto: ist

3. Cocokkan dengan Skintone-mu

Berbeda dengan undertone, skintone merupakan warna kulit yang nampak langsung secara kasatmata, seperti: warna kulit cerah, kuning langsat, sawo matang, gelap. Warna dapat berubah akibat beberapa kondisi, mulai dari: paparan sinar matahari, krim perawatan wajah, kebiasaan sehari-hari, dll.

4. Jangan Ragu Menguji Hasil Warnanya Sebelum Membeli

Untuk menguji warna foundation yang kamu pilih cocok atau tidak dengan skintone-mu adalah dengan mengaplikasikannya ke leher atau garis rahang. Warna yang tepat akan menyatu dengan warna kulit dengan mulus. Jika itu meninggalkan bercak putih pada kulitmu atau membuatnya terlihat lebih gelap, maka itu adalah warna yang salah.

Selain itu, jangan pernah mencoba foundation di tempat yang pencahayaan yang kurang. Kemungkinan kalau kamu mencoba di tempat pencahayaan kurang adalah warna kulit akan terlihat lebih gelap atau malah lebih terang. Salah satu rekomendasi para beauty blogger adalah untuk mencoba foundation di cahaya terang yang natural.

5. Bandingkan dengan Warna Kulit Bagian Tubuh Lainnya

Setelah menguji foundationmu, lakukan perbandingan dengan bagian tubuhmu yag lain. Kebanyakan orang lupa bahwa mereka memiliki warna kulit yang berbeda di beberapa bagian tubuh, tergandung pada bagian tubuh mana yang kurang atau sering terpapar sinar matahari. Bandingkan dengan warna kulit pada bagian tubuh yang sering terekspos, seperti leher, bahu, dan tangan untuk menghindari warna yang kontras setelah pemakaian.

Sebagai tambahan, jangan ragu untuk mengajak orang terdekat atau bertanya kepada penjual saat ingin membeli foundation. Selain itu kamu juga bisa membeli produk sample terlebih dahulu sebelum akhirnya membali produk full size.

Sumber: (1) (2)

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.