Now Reading:
4 Penyebab Banyaknya Kerutan Bibir dan 8 Cara Menanggulanginya
Full Article 3 minutes read

4 Penyebab Banyaknya Kerutan Bibir dan 8 Cara Menanggulanginya

kholic.id – Bagi kaum wanita saat menggunakan lipstik menjadi momen yang kadang menyusahkan. Garis bibir yang terlihat karena bibir kering atau karena terlalu banyak kerutan di bibir menjadi hal yang paling mengganggu.

Lalu kenapa kerutan di bibir setiap wanita berbeda? Apalagi agak menyusahkan saat menggunakan lipstik matte sehingga membuat kerutan dan garis bibir makin jelas terlihat. Dr. William Kwan, konsultan untuk skincare.com menjelaskan lebih jauh mengenai kerutan bibir ini dan bagaimana cara menanggulanginya.

Apa yang menyebabkan terjadinya kerutan bibir?

1. Merokok

Kerutan di bibir termasuk salah satu efek samping dari merokok. Tak hanya pada bibir, merokok dapat membuat kulit kusam, sirkulasi darah kurang lancar, dan kulit kendur. Intinya, aktivitas merokok menurunkan kecantikan alami seseorang.

2. Sinar Matahari

Sinar matahari ternyata tidak hanya merusak kulit, tetapi juga menimbulkan lebih banyak jumlah kerutan bibir.

3. Banyak Bergerak

Dr. Kwan menyatakan jika mulut yang benyak bergerak juga menambah risiko menimbulkan kerutan bibir.

4. Usia

Salah satu penyebab terbesar yang tak bisa dihindari, penuaan alami. “Dengan [bertambahnya] usia, kita kehilangan volume bibir dan inilah kontribusi terjadinya kerutan,” ujar dr. Kwan.

Foto: freepik

Bagaimana cara mengatasinya?

1. Hidrasi dengan Hyaluronic Acid

Dr. Kwan merekomendasikan mempertahankan bibir dan kulit skitarnya tetap lembap dengan hyaluronic acid. Mencari produk dengan bahan tersebut tidak sulit, kalian bisa meminta pramuniaga toko untuk mencarikan produk perawatan bibir dengan bahan tersebut yang jumlahnya ada banyak.

2. Gunakan Lip Balm dengan SPF

Sinar UV yang berbahaya juga bisa menyebabkan kerutan bibir bertambah. Menggunakan lip balm dengan SPF bisa membantu mencegah bertambahnya kerutan di bibir.

3. Eksfoliasi Bibir

Penelitian telah membuktikan bahwa eksfoliasi bisa mencerahkan dan membantu memproduksi kulit baru. Cobalah melakukan eksfoliasi bibir dua kali seminggu.

4. Perlakukan dengan Lembut

Saat membersihkan bibir, jangan digosok terlalu keras. Pakailah pembersih yang lembut kalian juga bisa menyikat lembut bibir dengan sikat gigi yang bersih.

5. Lembapkan setelah Dibersihkan

Melembapkan bibir setelah membersihkan juga sama pentingnya seperti melembapkan kulit. Ada banyak krim bibir untuk melembapkan bibir yang bisa dipakai selama kalian tidur di malam hari. Hasilnya, bibir akan terasa lebih lembap sepanjang hari.

6. Tidurlah yang Cukup

Tak hanya kulit, bibir pun bisa mendapat efek yang positif jika kalian beistirahat dengan cukup.

7. Tidur dengan Telentang

Bagaimana kalian tidur ternyata juga bisa menjadi penentu mempertahankan kerutan bibir agar tidak bertambah. Jika terlalu lama tidur menyamping, kerutan bibir dan di area sekitar bibir akan bertambah di satu sisi saja.

8. Gunakan Concealer

Jika kalian merasa melakukan rutinitas perawatan untuk mengurangi kerutan bibir cukup menyita waktu, gunakanlah concealer sebelum memulas lipstik. Bisa juga ditambahkan taburan bedak agar bibir terlihat lebih muda.

Jika kedelapan cara di atas tidak membuat kalian puas, mengunjungi ahli atau dokter kulit juga bisa dilakukan. Memulas lipstik untuk mempercantik diri bagi wanita memang penting, tapi menjaga dan merawat bibir lebih penting agar penampilan kalian tetap terlihat muda.

Sumber: skincare.com

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.