Now Reading:
Jerawat Hormonal Apa Sih? Yuk, Kita Cari Tahu
Full Article 3 minutes read

Jerawat Hormonal Apa Sih? Yuk, Kita Cari Tahu

kholic.idJerawat hormonal menjadi momok yang paling dibenci saat kaum hawa akan menghadapi datang bulan.

Jerawat hormonal tidak hanya dialami oleh para wanita yang akan datang bulan, tapi juga wanita yang sedang puber atau menjelang menopause. Konsultan dari skincare.com, yaitu dr. Dhaval Bhanusa, menjelaskan beberapa hal yang perlu kamu tahu mengenai jerawat hormonal.

Bagaimana Hormon Bisa Menimbulkan Jerawat?

Foto: Daum

Saat kita memikirkan jerawat, ada banyak yang membayangkan seorang remaja saat puber memperlihatkan wajah penuh jerawat. Akan tetapi, para dermatologis juga banyak menemukan kasus di kalangan wanita di hampir semua usia. Bagi beberapa wanita, jerawat yang timbul mendadak ini ternyata berkaitan dengan hormon yang berfluktuasi.

“Jerawat hormonal umumnya berkorelasi dengan masa menstruasi dan unsur kimiawi dalam tubuh,” ujar dr. Bhanusa. Selama pubertas, sebelum menstruasi, dan selama kehamilan, adalah saat-saat umum terjadinya jerawat hormonal. Menurut American Academy of Dermatology (AAD) peran androgrens–hormon pria yang ada para tubuh pria maupun wanita–juga ikut ambil bagian dalam penyebab jerawat hormonal.

Androgen dapat melemahkan kelenjar minyak dan mengubah perkembangan sel-sel kulit yang melapisi folikel rambut, lalu hal ini yang menyebabkan pori-pori tersebut dan timbullah jerawat. Sebagian besar wanita dengan jerawat memiliki androgen normal, tetapi ketidakseimbangan hormon ini dapat menyebabkan jerawat berlebih pada kulit.

Bagaimana Cara Mengendalikan Jerawat Hormonal?

Foto: bestofskin

Kabar baiknya, jerawat hormonal cukup umum terjadi sehingga kalian tidak sendiri berurusan dengan hal tersebut. Ingin kabar baik lainnya? Mengatur dan mengendalikan jerawat hormonal ini tidak terlalu sulit. Dengan produk dan pengaturan yang tepat, kalian bisa mengendalikan jerawat ini dan membuat kulit lebih terlihat bersih.

Sebelum kalian bereksperimen dengan perawatan jerawat, kalian harus mengetahui seberapa parah jerawat yang kalian alami serta jenis kulit yang kalian miliki. Misalnya saja, jika kalian memiliki kulit dewasa yang tipikal kering, perawatan jerawat yang umum biasanya justru membuat kulit lebih kering dan menimbulkan iritasi. Ada baiknya kalian juga mengunjungi dokter kulit untuk saran yang lebih baik.

Tips: Jerawat hormonal biasanya timbul di saat-saat tertentu dan berulang. Jika pernah mendapat saran dari dokter kulit, kalian tidak perlu sering berkunjung untuk terus meminta saran

Hal-hal yang Perlu Kalian Ingat Mengenai Jerawat Hormonal

Foto: biibiibeauty

Jerawat mungkin membuat kesal yang membuat kalian ingin cepat menghilangkannya. Akan tetapi, penting pula kalian ingat produk-produk perawatan jerawat tidak bekerja secara instan. Untuk hasil yang efektif, mengunjungi dermatologis memang menjadi pilihan terbaik.

Merawat jerawat haruslah bersabar dan telaten. Jangan sampai kalian cepat-cepat memecahkan dan memencet jerawat. Salah-salah, bakteri bisa masuk dan membuat kulit di sekitar timbul jerawat lain. Selain itu, jika tidak dilakukan dengan benar, bekas jerawat tidak akan hilang. Jaga kebersihan dan tetap gunakan baik-baik produk perawatan jerawat yang bisa dipercaya.

Tips: Jaga makan selama periode jerawat hormonal juga penting. Kurangi memakan makanan instan yang mengandung garam dan MSG serta makanan pedas. Perbanyak konsumsi air putih, buah-buahan, dan sayur-sayuran.

Sumber: skincare.com

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.