Now Reading:
Kim Ki Soo, Pria Korea yang Memudarkan Perbedaan Gender dengan ‘Makeup Maskulin’
Full Article 4 minutes read

Kim Ki Soo, Pria Korea yang Memudarkan Perbedaan Gender dengan ‘Makeup Maskulin’

kholic.id – Sempat ‘ditendang’ KBS karena tuduhan pelecehan seksual, Kim Ki Soo justru bangkit dan buktikan bisa sukses lewat jalur kecantikan.

Nama Kim Ki Soo kini sudah menjadi simbol kencantikan pria Korea. Keahliannya dalam berias ia dapatkan berkat tekanan yang ia terima dari berbagai pihak bahkan dari warga Korea sendiri.

Ini tidak membuatnya patah arah, Kim Ki Soo percaya orang-orang memakai makeup untuk “menjadi cantik, mendapat perhatian orang lain.” Ia bukan penggemar riasan dengan gaya ala ratu yang berlebihan, tetapi lebih menonjolkan sisi positif di wajah.

Ini tidak berarti ia copy-paste riasan wanita ke wajahnya. “Juga harus ada sesuatu yang maskulin soal [penampilan]. Itulah jenis kecantikan yang aku kejar. Ini adalah makeup tanpa gender,” katanya.

Foto: instagram.com/djkisoo

George Michael, Madonna, dan Lee Hyo Ri jadi 3 sosok yang menginspirasi dirinya.

“Seleb itu seperti karya seni, setiap tubuh mereka, tatapan mereka.. gerakan mereka… lenggak-lenggok [Lee Hyo Ri] sangat berbeda dengan makeup. Tanpa riasan, ia seperti adik yang santai. Tapi saat menggunakan riasan, lihat dia bernyanyi dipanggung. Aku sangat terinspirasi oleh sikap yang sesuai dengan makeup-nya.”

Memudarkan batasan kontroversial antara feminim dan maskulin bukanlah fenomena baru dalam dunia mode Korea, dan Korea mengalami peningkatan konsumsi produk kecantikan dalam beberapa tahun terakhir. Tapi masih sedikit kalangan figur pria yang berani menyuarakan kecintaan mereka pada kecantikan, kecuali beberapa blogger dan penata rias.

Perjalanan Kim Ki Soo tidak semulus yang dibayangkan. Ia sempat kesulitan memperlihatkan hasratnya pada hal-hal indah. Setelah lulus dari Jurusan teater, ia menjadi komedian di KBS di tahun 2001 dan sukses dikenal 7 tahun kemudian.

Foto: MBC

Namun ia dipaksa menghentikan semua pekerjaan tersebut pada tahun 2010 karena dampak dari gugatan pelecehan seksual. Meski tuduhan tersebut tak terbukti setahun setelahnya, stasiun tv tetap tak ingin memberikan pekerjaan pada Kim Ki Soo. Ia menanggung tuduhan sebagai pelaku kejahatan seksual.

Setelah insiden tersebut, ia mempelajari kesukaanya pada makeup. “Setiap orang memiliki waktu dalam hidup mereka keteika mereka menjadi cantik. Mampu menghidupan waktu itu, itulah jenis tata rias yang aku ingin lakukan.”

Keluar dari pertelevisian, ia berjuang mencari nafkah dan beralih menjadi seorang DJ. Ia bekerja di klub-klub Thailan dan Jepang dengan memoleskan riasan di setiap acara yang ia kunjungi. Foto-foto perubahannya pun beredar di Korea, membuat orang-orang berkomentar negatif soal fisik dan indentitas gendernya hingga keluargannya.

“Orang-orang menulis seperti ‘Tidakah ibumu tahu kamu berkeliling dengan penampilan seperti ini?’ Dan hal-hal yang jauh lebih buruk.”

안녕하세요. 김기수입니다. 먼저 얼마전 보여드렸던 잇템 선스틱 광고영상으로 실망하신 여러분들에게 진심으로 사과드립니다. 본 영상은 잇템의 제조사에서 제작해서 저의 유튜브에 올릴 홍보용으로 만든 영상입니다. 하지만 누가 만들었는지를 떠나 어쨌든 저의 유튜브에 저의 선스틱을 홍보할 목적으로 올린 것이므로 이유 불문하고 저의 책임을 통감합니다. 마지막까지 영상을 꼼꼼하게 살피지 못한 점과 소극적으로 대처했던 점 또한 사과드립니다. 하지만 다시한번 말씀드리고 싶은 건 영상을 통해 누군가를 기만하거나 속이기 위한 의도가 전혀 없었습니다. 또한 안내 목적으로 연출되어진 영상이라 할지라도 그동안 김기수라는 이름만으로 믿어주신 여러분들에게 실망시켜드려서 죄송할 뿐만 아니라 저에게도 여러 가지로 반성의 시간을 갖는 계기가 되었습니다. 이를 계기로 저 또한 많은 각성과 채찍질 하겠습니다. 지켜봐주시고 앞으로도 더 좋은 영상으로 찾아가겠습니다. 감사합니다.

A post shared by 김기수 (@djkisoo) on

Tanggapan pada netizen justru jadi nilai positif baginya. Kini ia mejadi guru kecantikan atau beauty creator yang memiliki lebih dari 33 ribu pengikut di Instgram (@djkisoo)dan sekitar 117 ribu subscribers channel Youtube, bahkan ia berkesempatan kembali ke acara televisi.

Sumber: Korean Herald

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.