Now Reading:
8 Manfaat ‘Ajaib’ dari Es Batu untuk Kulit Wajah dan Tubuh
Full Article 3 minutes read

8 Manfaat ‘Ajaib’ dari Es Batu untuk Kulit Wajah dan Tubuh

kholic.id – Banyak produk kosmetik dan skincare yang beredar, tawarkan berbagai manfaat bagi kulit. Akan tetapi, jika ingin mendapatkan hasil tak jauh berbeda dengan bahan yang sederhana, tak ada salahnya lakukan perawatan dengan menggunakan es batu.

Selain mudah didapat dan dijamin kebersihannya, ternyata es batu juga sangat baik jika digunakan sebagai perawatan kulit wajah dan tubuh. Ini dia 8 manfaat es batu untuk kulit yang hasilnya bakal buatmu kaget!

1. Mengempiskan Jerawat dan Mengobati Peradangan

Kegunaan es batu paling populer adalah mengempiskan jerawat. Berfungsi meredakan radang, kemerahan, dan jaringan kulit yang bengkak, es batu juga sekaligus meredakan nyeri. Cukup bungkus es batu dalam handuk tipis atau plastik kecil, tempelkan tepat di atas jerawat selama 1 menit, redakan 5 menit, lalu ulang hingga es mencair.

2. Memperlancar Sirkulasi Darah di Wajah

Punya wajah pucat dan kurang berseri bisa pengaruhi penampilan. Untuk kembalikan rona segar di wajah, lakukanlah pijatan ringan dengan es batu setiap pagi. Usapkan secara lembut dengan gerakan melingkar di seluruh wajah dan leher, hindari area mata. Setelah itu, biarkan air es mengering secara natural, lalu mulai usapkan pelembap dan make up seperti biasa.

3. Redakan Kulit Terbakar karena Matahari

Saat terbakar sinar matahari (sunburn), bisanya kulit menjadi kemerahan, melepuh, hingga mengelupas dan terasa sangat perih. Untuk mengobati, pakailah lidah buaya atau timun yang telah diblender dan dibekukan. Usapkan secara perlahan di bagian kulit yang terkena iritasi. Zat natural dalam lidah buaya atau timun dapat langsung memberi efek menyembuhkan.

4. Meredakan Mata Bengkak

Terlalu lelah memandangi layar TV, PC, atau ponsel dapat membuat mata bengkak di pagi hari. Cara termudah untuk kempiskan mata bengkak adalah dengan menggunakan es batu yang terbuat dari teh, susu murni, atau air putih biasa, lalu dikompreskan ke area mata yang bengkak.

5. Mengangkat Sel Kulit Mati

Ingin lakukan facial murah meriah? Cukup gunakan susu murni yang dijadikan es batu, atau campuran timun dan bluberi yang dijus dan dijadikan es batu. Pijat wajah dengan es batu hasil kreasimu dengan gerakan melingkar. Campuran susu dapat membuat kulit lebih lembut dan kenyal, sementara campuran timun dan bluberi akan mengencangkan wajah dengan segera.

6. Hilangkan Kerutan

Semua orang pasti akan alami kulit keriput. Akan tetapi, keriput dapat ‘ditunda’ kemunculannya dengan menjaga kulit tetap terhidrasi. Cuci wajah dengan air hangat, keringkan, lalu oleskan seluruh wajah dengan es batu hingga mencair.

7. Sebagai Make Up Primer Alami

Suka gunakan primer sebelum memakai foundation? Saatnya ubah kebiasaan dengan mengoleskan es batu ke seluruh wajah sebelum ber-make up! Selain lebih hemat, kulit juga akan lebih mulus dan menyerap make up dengan sempurna.

8. Mengurangi Minyak di Wajah

Kulit berminyak dapat timbulkan banyak masalah, termasuk jerawat dan iritasi lainnya. Daripada gunakan kertas minyak untuk mengusir sebum, lebih baik oleskan es batu di pagi hari setelah mencuci muka. Setelah kering, langsung oleskan pelembap dan make up lainnya. Es batu membantu kulit mengurangi produksi minyak berlebih. Sehingga, kulit jadi lebih lembap dan nyaman.

Sumber: curejoy

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.