Now Reading:
Hindari Terlalu Sering Memakai Tisu Pembersih Wajah, Ini 5 Alasannya!
Full Article 4 minutes read

Hindari Terlalu Sering Memakai Tisu Pembersih Wajah, Ini 5 Alasannya!

kholic.id – Membersihkan wajah memang telah menjadi rutinitas yang wajib dilakukan oleh hampir setiap orang usai menjalani beragam aktivitas seharian penuh.

Cara membersihkan wajah pun banyak ragamnya, mulai dari menggunakan sabun pembersih (facial foam) atau susu pembersih (cleansing milk) atau bahkan dengan teknik double cleansing ala Korea. Sayangnya, banyak wanita yang malas untuk membersihkan sisa riasan di wajahnya.

Untuk alasan kepraktisan, kaum wanita kini lebih memilih menggunakan tisu pembersih wajah (facial cleansing wipes) atau tisu basah. Namun, yang menjadi pertanyaan, apakah membersihkan wajah dengan tisu basah merupakan hal yang tepat? Ternyata, penggunaan tisu basah sebagai alat untuk membersihkan wajah sebenarnya lebih banyak memberi hal-hal yang negatif. Apa saja? Berikut 5 alasan mengapa tisu pembersih wajah sangat tidak dianjurkan dalam rutinitas perwatan kulit.

1. Tidak Membersihkan Wajah Secara Efektif

Perlu diketahui, tisu pembersih wajah pada dasarnya tidak memiliki daya serap yang baik seperti kapas dan hanya akan terlihat membersihkan saja namun sesungguhnya tidak sampai menyerap minyak dan kotoran di wajah. Hal ini dapat menyebabkan bakteri dan kuman masih tertinggal di permukaan kulit kamu.

Selain itu, hanya membersihkan dengan tisu pembersih wajah tanpa membilasnya kembali dengan air hanya akan membuat kulit kamu terasa lengket. Meskipun tidak dianjurkan penggunaan tisu pembersih wajah secara terus menerus, namun jika terpaksa memakainya kamu harus tetap membilas wajah dengan air setelahnya dan hindari pemakaian di area mata dan bibir.

2. Mengandung Banyak Bahan Kimia Berbahaya

Tisu pembersih wajah membutuhkan banyak bahan kimia agar tetap lembab dan juga terdapat bahan pengawet agar tahan lama untuk disimpan. Oleh karena itu, sebagain besar produk tisu pembersih direndam dalam alkohol atau pengawet dalam konsentrasi tinggi untuk mencegah bakteri.

Selain itu, sebagai besar tisu pembersih mengandung surfaktan agar efektif dalam melarutkan makeup dan kotoran, dan beberapa bahkan mengandung wewangian. Tetapi semua bahan ini keras dan kering ketika ditinggalkan di kulit kita karena biasanya banyak wanita tidak membilas wajah setelah menggunakan tisu pembersih wajah. Itulah mengapa sebagian orang mengeluhkan rasa pedih, iritasi dan hidrasi kulit ketika mereka menggunakannnya.

3. Menyebabkan Iritasi di Sekitar Area Mata

Banyak wanita memilih menggunakan tisu pembersih wajah untuk menghapus riasan mata mereka, dan ternyata itu adalah ide yang sangat buruk. Meskipun cara ini memang dirasa nyaman dan mudah, tapi tahukan kamu bila kulit area mata jauh lebih tipis dan sensitif? Menghapus make-up menggunakan tisu basah dapat menarik kulit Anda. Inilah yang menyebabkan muncul masalah garis-garis halus dan keriput di sekitar matamu.

Untuk menyiasatinya, gunakan pelembab atau eye cream dengan cara menepuk-nepuk halus setelah membersihkan riasan mata dengan tisu pembersih.

4. Membuat Perawatan Kulit Wajahmu Menjadi Kurang Efektif

Tahukah kamu bahwa produk perawatan kulit yang kita pakai tidak dapat bekerja dengan baik ketika digunakan pada wajah yang tidak dibersihkan dengan benar. Jika kamu memilih membersihkan riasan dengan tisu pembersih sebelum memulai perawatan, dipastikan bahwa produk-produk skincare yang kamu pakai tidak akan bekerja dengan efektif, karena tisu basah tidak mengangkat seluruh kotoran dan sisa minyak di wajah.

5. Dapat Menimbulkan atau Memperparah Jerawat

Jika wajahmu berjerawat, membersihkan wajah dengan tisu pembersih wajah wajib dihindari. Membersihkan wajah dengan tisu pembersih wajah saat berjerawat hanya akan menyebarkannya ke seluruh permukaan wajah sehingga jerawat justru semakin parah.

Tisu basah tidak dapat membersihkan makeup dan mengangkat kotoran dengan sempurna melainkan hanya memindahkan kotoran dan bakteri dari satu tempat ke tempat lain. Bukannya bersih, wajah justru terasa lengket. oleh karena itu, membersihkan wajah dengan tisu pembersih wajah rawan menyembabkan penyumbatan pori-pori kulit sehingga dapat menimbulkan jerawat dan komedo.

Sumber: (1) (2)

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.