Now Reading:
4 Masker Madu DIY untuk Kulit Jerawat, Kering, Sensitif, dan Luka
Full Article 3 minutes read

4 Masker Madu DIY untuk Kulit Jerawat, Kering, Sensitif, dan Luka

kholic.id – Madu tidak hanya sehat untuk dikonsumsi, tetapi juga menyehatkan bagi kulit sebagai masker.

Sebagai bahan alami dari alam, masker madu cocok untuk kalian yang sedang menghindari bahan-bahan kimia untuk perawatan kulit kalian. Hal ini membuat masker madu juga cocok untuk para wanita yang sedang mengandung, tetapi tetap ingin tampil cantik. Yuk, kita coba membuat masker madu di rumah dengan cara praktis.

1. Masker madu untuk kulit berjerawat

Foto: drdeanhowell

– 3 sendok teh madu alami
– 1/2 sendok teh kayu manis

Aduk madu dan kayu manis bersama dan langsung aplikasikan ke wajah. Diamkan masker selama 10-30 menit. Aktibakteri yang terkandung di madu dan kayu manis membuat masker ini sempurna untuk kulit berjerawat.

Untuk kalian yang memiliki kulit sensitif, kayu manis mungkin tidak akan cocok untuk kalian. Jika ingin mencoba masker ini, kalian harus mengetesnya dulu di balik telapak tangan.

Bahan kayu manis cukup kuat untuk kulit sehingga penggunaan masker madu-kayu manis hanya direkomendasikan cukup seminggu sekali.

2. Masker madu untuk kulit kering

Foto: Ist

– 1 sendok teh alpukat yang telah dihaluskan
– 1 sendoh teh penuh krim yogurt plain
– 1 sendok teh madu alami

Aduk semua bahan di mangkok kecil sampai halus. Ratakan di wajah dan diamkan selama 20-30 menit. Setelah merasa cukup terserap oleh kulit, bilas sampai bersih.

Kandungan lemak yang terdapat dalam alpukat dan yogurt dapat melembapkan kulit. Sementara, lactic acid dalam yogurt bisa melembutkan kulit, merapatkan pori, dan menstimulasi produksi kolagen.

Dengan berbagai bahan di atas, masker ini juga mengandung berbagai vitamin B, vitamin E, vitamin A, vitamin D, kalsium, zinc, mangan, dan magnesium. Singkatnya, masker ini juga bisa menutrisi kulit kalian. Bahannya yang lembut boleh diaplikasikan ke kulit lebih dari sekali dalam seminggu.

3. Masker madu untuk kulit sensitif

Foto: ghafa

– 2 sendok teh madu alami
– 1 sendok teh lidah buaya (usahakan yang alami, terutama bagi ibu hamil dan menyusui)

Aduk semua bahan dan langsung aplikasikan ke wajah. Diamkan selama 10-20 menit dan bilas wajah sampai bersih.

Lidah buaya sendiri memiliki kandungan anti peradangan yang bisa menenangkan kulit, sempurna untuk kalian yang memiliki kulit sensitif. Tak hanya bisa menenangkan kulit dari efek sinar matahari, lidah biaya juga bisa menyembuhkan ruam, lecet, kulit kering, eksim, luka bakar ringan, dan goresan. Selain itu, diklaim pula bisa mempercepat penyembuhan luka kulit dan mencegah timbulnya parut di kulit (bekas luka).

Bahannya yang lembut dan anti-radang membuat masker ini bisa digunakan setiap hari.

4. Masker madu untuk kulit terluka atau memudarkan bintik hitam

Foto: Gohab

– 2 sendok teh madu
– 1/2 sendok teh sari lemon alami

Aduk rata semua bahan di atas dan aplikasi ke wajah lalu diamkan selama 20-30 menit.

Lemon sendiri membantu mengangkat kulit mati, mencerahkan kulit dari bintik hitam, dan memudarkan bekas luka. Bahannya yang alami tidak akan secara ekstrem membuat perubahan dalam wajah kamu sehingga perawatan rutin sangat diperlukan dan perbedaannya baru akan terasa beberapa minggu kemudian.

Sari lemon merupakan bahan yang kuat sehingga ada baiknya kalian membatasi pemakaian masker ini 1-2 kali setiap minggunya.

Masih merasa kesulitan mencampurkan bahan-bahan di atas? Cukup aplikasikan madu alami ke wajah kalian jika bahan-bahan di atas tidak bisa kalian temukan.

Perlu diingat, pemilihan madu menjadi kunci utama untuk masker ini. Jadi, pastikan madu yang kalian pakai benar-benar alami ya.

Sumber: livingthenourishedlife

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.