Now Reading:
Blue Light Alias Cahaya dari Smartphone dan PC Bisa Buat Kulitmu Cepat Keriput?
Full Article 2 minutes read

Blue Light Alias Cahaya dari Smartphone dan PC Bisa Buat Kulitmu Cepat Keriput?

kholic.id – Kebanyakan hasil penelitian telah selesai berfokus pada dampak kulit akibat paparan sinar matahari dan UV. Sejak perangkat elektronik semakin dibutuhkan, para dermatologis memulai untuk ‘melihat lebih delat’ pada cahaya yang bisa dilihat lainnya.

Blue light sendiri adalah sebuah ciptaan yang berbentuk cahaya yang dipancarkan dari perangkat elektronik seperti smartphone, laptop, tablet, dan LED tv.

Penelitian baru-baru ini memperlihatkan jika cahaya yang terlihat mampu meningkatkan pigmentasi, yang mengartikan [korbanya] terkena kondisi tertentu seperti melasma, biasa menyebabkan penggelapan atau memperburuk kondisi,” ujar Nada Elbulk, seorang dermatologis di NYU Langone, New York.

Hasil penelitian yang dipublis tahun 2015 menyatakan jika blue light mungkin ikut memproduksi radikal bebas. Radikal bebas merusak sel-sel kulit dan memecah kolagen, yang dapat menyebabkan kanker dan mempercepat proses penuaan.

Foto: Ist

Eits! Tapi kamu jangan panik dulu…..

Hasil penelitian yang beredar masih lemah. Para ahli mengatakan jika harus banyak hal yang dilakukan sebelum menganggap blue light dianggap masalah besar bagi kulit.

Hal tersebut diungkapkan oleh Nada Elbulk, “Data sejauh ini tidak mendukung blue ligjt dari perangkat elektronik mampu menyebabkan kerusakan kulit atau berkontribusi pada tanda-tanda penuaan.”

Dalam permasalahan ini, ia tidak menyarankan untuk menggunakan produk mewah demi melindungi dari blue light. Sunscreen bisa memberikan perlindungan yang kamu inginkan.

“Penghambat [berbentuk] fisik yang bisa membantuk memblikir caya yang terlihat, [disarkan] mengandung bahan seperti titanium oxide atau zinc oxide,” tuturnya.

Namun alangkah baiknya jika kita membiarkan kulit lebih banyak beristirahat, terutama sebelum tidur. Jika kamu menggunakan ponsel sebelum tidur, kemungkinana jam tidurmu akan terganggu dan merusak kesehatan kulit.

Sumber: The Klog

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.