Now Reading:
5 Kesalahan Skincare yang Justru Buat Kulitmu Alami Bintik Hitam
Full Article 3 minutes read

5 Kesalahan Skincare yang Justru Buat Kulitmu Alami Bintik Hitam

kholic.id – Masalah kulit hiperpigmentasi atau bintik hitam jadi masalah banyak orang, terutama yang tinggal di daerah tropis.

Untuk mengatasinya, banyak yang menggunakan produk pencerah wajah dengan harapan warna kulit akan merata seperti semula. Akan tetapi, kesalahan-kesalahan yang dianggap remeh ini nyatanya jadi penyebab utama kenapa wajah bisa timbul banyak bintik hitam!

1. Kebiasaan Memencet Komedo dan Jerawat

Saat wajah ditumbuhi jerawat atau komedo (whiteheads ataupun blackheads), kulit telah menyediakan minyak alami untuk membunuh kuman yang terkandung di dalamnya. Jika jerawat/komedo kalian pencet, yang terjadi justru kulit akan memproduksi melanin untuk menutupi luka. Kulit pun akan miliki bekas jerawat yang menghitam, dan komedo akan terus tumbuh di tempat yang sama.

Untuk mencegah, lebih baik bersihkan wajah dengan sabun pembersih dan toner yang mengandung Salicylic Acid, Tea Tree oil, atau eksfoliator kimia AHA dan BHA.

Foto: sharmtoaster

2. Tidak Memakai Sunscreen atau Lupa Memakai Ulang Sunscreen

Satu cara ampuh hindari bintik hitam/hiperpigmentasi adalah melindungi kulit dari sengatan sinar matahari lewat krim sunscreen. Akan tetapi, kesalahan umum dari banyak orang adalah tidak mengaplikasikan sunscreen (minimal SPF30) secara teratur tiap 2 jam.

Untuk pemilik kulit wajah berminyak yang berjerawat, pilihlah sunscreen yang mengandung Centella oil atau sari bambu. Untuk pemilik kulit kering dan sensitif, pilih sunscreen yang komposisinya mengandung minyak mawar atau buah raspberry untuk menenangkan kulit.

3. Terlalu Sering Lakukan Eksfoliasi

Lakukan eksfoliasi (pengelupasan sel kulit mati) dengan produk skincare memang sangat menyenangkan. Sekali usap, wajah bisa langsung bersih dan bebas jerawat. Akan tetapi, jika over-exfoliating, kulit wajah justru akan mengalami penipisan, timbul lebih banyak jerawat, hingga kulit terasa panas kemerahan yang berakhir dengan hiperpigmentasi.

Telitilah dalam ‘membaca’ kondisi kulit. Jika terasa tidak nyaman gunakan eksfoliator kimia (AHA dan BHA), pakailah hanya 2 atau 3 kali seminggu.

4. Membersihkan Kulit Terlalu Bersih

Bersihkan wajah hingga terasa halus dan kesat dipercaya oleh beberapa orang sebagai tanda hilangnya semua kotoran dan sel kulit mati.

Nyatanya, kulit yang terlalu bersih rentan terhadap iritasi dan masuknya bakteri dengan tanda-tanda kulit gatal, sensitif, dan timbul banyak jerawat kecil. Pakailah pembersih wajah dengan pH yang ringan, sehingga tidak membuat kulit wajah semakin kering dan iritasi.

5. Tidak Lakukan Tes Tiap Membeli Produk Skincare Baru

Produk skincare Korea memang miliki banyak khasiat dari bahan alami. Akan tetapi, bukan berarti Chingudeul bebas memakai apapun dalam tempo dan waktu bersamaan.

Setiap membeli produk baru yang belum pernah dicoba sebelumnya, coba aplikasikan sedikit di wajah dan beri jeda 1 minggu untuk lihat reaksi yang ditimbulkan. Jika wajahmu terasa nyaman dan tidak timbul masalah, pakailah secara bertahap untuk kemudian dioleskan secara teratur sesuai petunjuk.

Sumber: The Klog

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.