Now Reading:
5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Setelelah Memencet Jerawat
Full Article 2 minutes read

5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Setelelah Memencet Jerawat

kholic.id – Bagi sebagian orang kebiasaan ‘terlarang’, memencet keluar isi jerawat bagi hal sulit untuk dihilangkan. Namun, apa yang harus dilakukan jika hal tersebut terjadi?

Terkadang kita gemas dengan jerawat yang mucul dan menggangu penampilan. Tak sedikit kebiasaan memencet jerawat dengan paksa dilakukan tangan kita, meski ada juga jerawat yang keluar dengan sendirinya.

Jika ini sudah terjadi bagimana kita mengatasinya? Berikut 5 cara mudah menaggulangi bekas jerawat seminim mungkin.

1. Cleanser (pembersih)

Foto: ist

Luka terbuka hasil dari keluarnya jerawat, kadang kala tidak kita pikirkan. Saat seperti ini kamu harus membersihkannya dengan water cleansing (air pembersih) yang menenangkan dan mulailah dengan menggunakan kapas bersih.

2. Redakan dengan ‘air’

Foto: The Face Shop

Biasanya tanda pertama iritasi adalah kemerahan dan peradangan. Cara mudah meredakan peradangan kulit dengan cepat dengan menggunakan es, terlebih sesaat setelah muncul.

Pilihan lain ialah gunakan kompres hangat pada jerawat selama 30 detaik beberapa kali sehari. Ini mampu mempercepat pengeringan, hingga menghilangkannya sesegera mungkin. Metode apapun yang kamu pilih, secara cepat mengurangi dan mencegah bekas luka jerawat.

3. Perlakukan dengan baik

Foto: ist

Proses penyembuhan jerawat sepenuhnya bergantung pada perawatan setelah muncul. Gunakan produk yang mampu meningkatkan regenerasi sel, bisa mengurangi potensi munculnya bekas jerawat. Jauhi bahan-bahan yang bisa mengelupas kulit, karena formulanya bisa meningkatnkan iritasi.

4. Pelembab

Foto: ist

Cara lain agar meredakan bekas tumbuhnya jerawat dengan memastikan kelembaban kulit sendiri. Saat tak seimbang, kulitmu membutuhkan waktu lebih lama untuk menyembuhkan diri. Itu pun menjadi lebih rentan terhadap kemerahan dan iritasi. Kamu bisa menghindarinya dengan menghidrasi kulit, yang sebenarnya akan meningkatkan ketahanan kulit.

5. Perlindungan

Foto: MBC

Bagi beberapa jenis kulit, bekas jerawat sering terjadi, tapi kamu bisa mengurangi kemungkinan itu dengan menerapkan SPF. Ingatlah! Paparan sinar matahari bisa menggelapkan bekas jerawat. Jadi kamu harus menggunakan tabir surya sebelum keluar ruangan.

Kenyataannya tak sedikit yang perduli pada nasihat orang terkait ‘tanda hitam’ yang mucul setelah mereka mengeluarkan jerawat. Jika kebetulan kamu gemar melakukannya, pentung untuk melakukan rutinitas paska jerwat keluar, demi mengurangi kemungkinan bekas jerawat muncul.

Sumber: The Kblog

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.