Now Reading:
8 Momen K-Pop Bersejarah dan Membanggakan di Semester Pertama Tahun 2018
Full Article 4 minutes read

8 Momen K-Pop Bersejarah dan Membanggakan di Semester Pertama Tahun 2018

kholic.id – Industri musik Pop Korea alias K-Pop, harus diakui, kini semakin mendunia. Idola favorit mulai dari generasi veteran yang telah banyak makan asam garam hingga yang baru debut silih berganti menorehkan sejarah baru.

Tidak hanya di industri musik Korea tapi juga musik dunia secara global, inilah 8 momen bersejarah dan membanggakan dari industri K-Pop di semester pertama 2018!

1. EXO, Grup K-Pop Pertama yang Lagunya Dimainkan di Dubai Fountain Water Show

Sukses ‘menjamah’ bahkan hingga ke Timur Tengah, tepat di 16 Januari 2018 lagu ‘Power’ milik EXO dari album The War resmi dijadikan lagu latar pertunjukan Dubai Fountain Water Show di gedung tertinggi di dunia Burj Khalifa, Dubai.

2. BoA, Perilisan Mini Album Pertama

 

Sebagai satu figur yang penting dalam pertumbuhan musik K-Pop di mata dunia, BoA telah menghibur banyak pecinta K-Pop dengan 18 full album. Tiga tahun setelah album terakhir rilis, BoA merilis mini album One Shot, Two Shot dengan lagu andalan ‘Nega Dola’ pada 20 Februari 2018, pertama sejak debut tahun 2000.

3. Dominasi Musik K-Pop di Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018

 

 

Besarnya efek musik K-Pop juga sukses merajai gelaran olah raga besar kelas dunia, Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018.

Penyanyi solo CL (mantan member grup 2NE1) dan juga grup EXO sukses mengentak stadion PyeongChang dengan pertunjukan musik mereka yang spektakuler. Sorakan penonton dan kontingen dari negara lain yang memenuhi stadion menjadi bukti besarnya nama dan pengaruh mereka di dunia musik K-Pop.

4. ‘Spring is Coming’, Konser Musik Spesial di Korea Utara

 

 

Sebagai kunjungan kebudayaan antar Korea Selatan dan Korea Utara, yang merupakan bagian dari Inter-Korean Summit, pada 27 April 2018 grup Red Velvet dan Seohyun dari grup SNSD hadir manggung di Korea Utara bersama rombongan seniman lainnya. Tak hanya itu, Seohyun juga didapuk sebagai MC.

Penampilan ini jadi tonggak sejarah baru dan juga cerminan perdamaian yang selama ini diimpikan oleh dua belah phak.

5. (G)I-DLE, Debut Girl Grup yang Mengagumkan

 

Setiap tahun, grup K-Pop baru terus debut dan tampilkan warna tersendiri. Munculnya (G)I-DLE [baca: GIRL-I-DLE] sebagai monster rookie tinggalkan kesan khusus di industri musik K-Pop.

Berhasil menangkan kompetisi musik hanya 20 hari setelah debut, (G)I-DLE juga sukses duduki Gaon Album chart, Billboard’s World Albums chart, Gaon Digital chart lewat lagu mereka, LATATA.

6. SHINee, HUT Debut ke-10

 

Mampu eksis selama 10 tahun merupakan prestasi tersendiri di dunia K-Pop. Grup SHINee sendiri rayakan HUT debut ke-10 mereka dengan perilisan full album berformat 3 mini album, The Story of Light.

Format penuh makna ini merupakan simbol bagaimana tiap member melihat SHINee (mini album #1), tiap member memandang diri sendiri (mini album #2), serta Onew, Key, Minho, dan Taemin memberi penghargaan dan rasa hormat(mini album #3) pada member mereka yang telah tiada, Jonghyun, sekaligus berjanji akan terus melanjutkan perjalanan mereka sebagai SHINee sampai akhir.

7. BTS, dan Capaiannya di Penghargaan Billboard

 

Comeback-nya grup Bangtan Sonyeondan alias BTS lewat album Love Yourself: Tear dengan lagu andalan ‘Fake Love’ sukses mencatat 21 rekor baru.

Selain itu, kerja keras mereka juga berhasil mencuri perhatian, terbukti dengan suksesnya duduki banyak spot di tangga lagu Billboard. Lagu ‘Fake Love’ pun debut di panggung Billboard Music Awards 2018.

8. BLACKPINK, Grup K-Pop Pertama yang Berhasil Masuki Chart Musik Inggris Raya

 

Comeback dengan mini album Square Up dan lagu andalan ‘DDU-DU DDU-DU’, BLACKPINK membuktikan salah satu liriknya yang berbunyi ‘BLACKPINK is the revolution‘ dengan duduki No.55 Hot 100 (lagu ‘DDU-DU DDU-DU’) dan No.40 dalam Billboard 200 (album Square Up).

Sumber: soompi

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.