Now Reading:
4 Penyebab Munculnya Bekas Jerawat yang Sering Dilakukan
Full Article 2 minutes read

4 Penyebab Munculnya Bekas Jerawat yang Sering Dilakukan

kholic.id – Mengeluarkan jerawat secara paksa jadi penyebab bekas jerawat yang sudah banyak diketahui, tapi tahukah kamu ada 4 hal lain penyebab bekas jerawat dan seringkali tak sadar kita sering melakukannya!

Jerawat merupakan situasi yang menyebalkan, terlebih jika ia meninggalkan bekas hitam. Situasi yang disebut Hiperpigmentas yang pada intinya disebabkan oleh kelebihan produksi melanin yang kemudian menghasilkan pigmen gelap. Saat jerawat tumbuh, ini terjadi sebagai akibat dari cedera pada kulit. Cedera ini dan peradangan akan meningkatkan melanin, dan membuat bekas jerawat muncul.

So, 4 hal apa saja sih yang membuat ‘si hitam’ alias bekas jerawat muncul?

1. Mengabaikan sunscreen

Foto: YouTube

Kesalahan terbesar ketika hiperpigmentasi muali muncul ialah mengabaikan pentingya perlindungan dari sinar matahari. Banyak orang menghindari tabir surya karena berpikir jika bahan-bahan didalamnya akan membuat mereka terjena jerawat.

Pikiran tersebut, haruslah jauh-jauh disingkarkan!

Suncreen justru akan melindungi luka sisa jerwat dan membuat sinar matahari tidak merangsang melanin. Temukanlah tabir surya yang cocok dengan kulit dan lindungilah wajah cantikmu.

2. Eksfoliasi Berlebihan

Foto: YesStyle

Ekfoliasi disebut jadi cara terbaik untuk mengobati jerawat dan kulit akan tetap halus, karena mampu mengelupas sel-sel kulit mati dan memberi kesempatan kulit lebih halus untuk tumbuh. Tapi penggunaan secara berlebihan dapat merusak penghalang kelebaban kulit, yang nantinya kulit akan memerah, sensitif, berjerawat atau iritasi yang mengakibatkan membuat bekas jerawat muncul.

3. Penggunaan riasan tebal

Foto: YouTube

Pertama kali ketika wajah baru saja muncul jerawat, banyakan orang berpikir untuk menutupinya dengan riasan tebal. Justru keputusan ini bisa membuat jerawatmu iritasi dan memperburuk kemungkinan bekas jerwat setelah sembuh.

4. Pengobatan hanya dilakuakan di tempat tertentu

Foto: Makeup Daily

Kebanyakan orang hanya peduli dengan jerwat saat ada di tempat tertentu, tetapi tidak melakukan apapun saat belum muncul. Ini kebiasaan yang harus segera kamu ubah.

Salah satu keputusan paling cerdas yang bisa kamu lakukan demi menjaga kulit tetap bersih adalah mengobatinya sebelum, selama, dan setelah jerawat muncul. Metode ini akan membuat kulit lebih halus dan terhindar dari bekas jewarat.

Intinya, bejas jerawat adalah masalah yang terkadang tak terkendali. Pastikan untuk selalu melakukan keempat tips ini demi menghidar dari bekas jerawat.

Sumber: The Klog

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.