Now Reading:
Do’s and Don’t Merawat Kulit Wajah Berminyak
Full Article 4 minutes read

Do’s and Don’t Merawat Kulit Wajah Berminyak

kholic.id – Melakukan perawatan yang benar untuk semua jenis kulit sangatlah penting agar menjaganya tetap sehat. Namun, seringkali kita keliru dengan rutinitas perwatan yang biasa dilakukaun, terutama bagi jenis kulit berminyak.

Terkadang cara-cara perawatan konvensinal untuk kulit berminyak malah menyebabkan masalah. Itulah mengapa penting untuk mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan (Do’s and Dont’s) untuk merawat jenis kulit wajah yang berminyak.

Do’s

– Double Cleansing

Double Cleansing pada dasarnya adalah ritual membersihkan wajah dengan melakukan 2 tahap pembersihan agar sisa-sisa makeup, debu maupun kotoran yang menempel di kulit wajah dapat benar-benar terangkat. Bagi pemilik kulit berminyak wajib melakukan double cleansing di malam hari saja, dan jangan melewatkan membersihkan wajah (pembersihkan 1 langkah) di pagi hari.

– Menggunakan Pelembab

Banyak yang berpikir bahwa menggunakan pelembab bisa membuat jenis kulit ini semakin berminyak, ternyata itu salah. Pilihlah pelembab berbasis gel yang ringan agar mencegah kelenjar minyak memproduksi terlalu banyak minyak.

– Menggunakan Clay Mask

Saat clay mask tidak cocok untuk semua jenis kulit, produk ini sangat sempurna untuk kulit berminyak. Bahan-bahan seperti kaolin dan bentonite membantuk menyerap minyak berlebih. Clay mask juga dapat menghilangkan komedo dan mengecilkan pori-pori.

– Pilih Produk yang Tepat

Salah satu cara merawat kulit wajah berminyak adalah dengan memilih produk yang tepat. Jika kamu khawatir pelembap yang kamu gunakan justru membuat wajah semakin berminyak, pilihlah produk yang berlabel oil-free atau mattifying sehingga dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah. Tak lupa, kamu juga bisa memilih produk yang bertanda non-comedogenic untuk mencegah tersumbatnya pori-pori sehingga menimbulkan komedo.

– Selalu Bersihkan Alat Makeup

Selalu gunakan kuas atau spons, bukan jari Anda, untuk merias wajah. Pastikan untuk membersihkan spons sebelum kuman menumpuk, dan mencuci kuas makeup Anda secara teratur.

Dont’s

– Membersihkan Wajah Secara Berlebihan

Jangan pernah membersihkan wajah secara berlebihan. Meskipun menggunakan produk clensing dengan formula yang lembut sekalipun, jika dilakukan berlebihan makan kulit wajah akan terkelupas, semakin berminyak, dan berjerawat. Lakukan pembersihan wajah pada siang dan malam hari saja. Jika kulitmu terlihat berminyak sepanjang hari, gunakan oil paper face untuk menghilangkannya.

– Hindari Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Tanpa sadar kita menyentuh wajah lebih sering daripada yang bisa terhitung sepanjang hari. Namun, kebiasaan itu hanya akan membuat kulitmu semakin berminyak. Hal itu dikarenakan tangan juga mengeluarkan minyak, dan bakteri di tangan yang tidak terlihat akan mendatangkan masalah baru pada kulit wajah.

– Memencet Jerawat

Jangan biasakan memencet jerawat dengan tangan (baik dengan tangan bersih sekalipun). Ketika jerawat dipencet, darah dan nanah di dalamnya akan menyebar ke permukaan kulit lain, yang akhirnya akan menyebabkan infeksi lebih luas. Selain itu, akan meninggalkan bekas luka yang sulit dihilangkan. Gunakan produk skincare khusus, atau bisa pergi ke ahli kecantikan untuk mengobatinya.

– Exfoliation Berlebihan

Exfoliation (pengelupasan) secara berlebih dapat merugikan untuk semua jenis kulit, tetapi paling berbahaya bagi kulit berminyak. Mungkin kalian berpikir bahwa melakukan eksfoliasi setiap hari bisa membuka pori-pori dan menghilangkan komedo, tapi ini hanya akan menghasilkan lebih banyak minyak lagi, karena pengelupasan yang berlebihan bisa mengeringkan kulit.

Gunakan exfoliator yang lembut dua sampai tiga kali seminggu untuk melembutkan kulit, menghilangkan komedo atau jerawat, dan menjaga kulit wajah dari minyak berlebih.

– Jangan Tidur dengan Sarung Bantal dan Sprei yang Kotor

Kenapa kita harus rutin mengganti sarung bantal dan sprei? Hal ini disebabkan oleh minyak pada wajah dapat terserap oleh sarung bantal dan sprei, serta membuatnya jadi mudah lembap. Jika tak rutin diganti setidaknya satu kali dalam seminggu, sarung bantal dan sprei yang Anda pakai justru dapat menjadi sarang bakteri penyebab wajah berjerawat.

Meskipun sulit untuk mengunci kelenjar minyak yang berlebih pada kulti wajah, tapi dengan mengikuti beberapa tips di atas secara rutin bisa membuat wajahmu menjadi lebih sehat dan menjauhkan dari masalah kulit yang menyebalkan.

Sumber: (1) (2)

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.