Now Reading:
7 Manfaat Shea Butter untuk Kecantikan
Full Article 3 minutes read

7 Manfaat Shea Butter untuk Kecantikan

kholic.idShea Butter adalah lemak alami yang diekstrak dari pohon Shea atau Butyrospermum Parki dan memiliki banyak manfaat untuk kecantikan.

Mengandung banyak nutrisi serta vitamin A, E dan F yang sangat dibutuhkan oleh kulit, Shea Butter biasanya banyak digunakan dalam produk perawatan kulit dan kosmetik saat ini, seperti untuk sabun, lotion, eye cream, lip balm, dan body butter. Banyak penelitian menunjukkan shea butter ini sangat baik digunakan untuk kulit.

Shea Butter terkenal pertama sebagai obat di negara-negara benua Afrika karena memiliki sifat anti-inflamasi dan penyembuhan. Menggunakan shea butter pada tubuh, terutama wajah, dapat merevitalisasi, meratakan warna kulit, dan menenangkan kulit. Tapi apa saja sih manfaat lain dari shea butter untuk kecantikan?

1. Melembapkan Kulit

Kandungan yang ada pada shea butter adalah 60% lemak. Bahan alami itulah yang dapat menutrisi sekaligus melembapkan kulit dengan baik. Shea butter dapat melindungi minyak alami pada kulit sehingga cocok untuk yang punya kulit kering. Sebagai pelembab alami yang ampuh shea butter juga cepat menyerap ke kulit tanpa membuat pori-pori tersumbat.

2. Mengencangkan Kulit

Salah satu kandungan terbaik yang terdapat dalam shea butter adalah anti-aging yang dapat menstimulasi produksi kolagen pada kulit. Semua wanita muda berpotensi mengalami penuaan dini karena kondisi udara dan berbagai bahan kimia dari produk-produk kecantikan. Oleh karena itu, menggunakan shea butter secara rutin dipercaya dapa mengurangi dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini dan dapat mengencangkan sel-sel yang ada pada kulit.

3. Mengobati Jerawat dan Mengurangi Bekas Luka

Shea butter baik untuk mencegah serta mengobati jerawat. Ini juga membantu meringankan dan mengurangi munculnya kemerahan dan bekas luka yang berhubungan dengan jerawat. Jika kamu menggunakan produk perawatan kulit yang berkaitan dengan jerawat, kemungkinan mengandung retinol (vitamin A). Nah, shea butter secara alami kaya vitamin A, jadi jika kamu tidak cocok menggunakan produk berbahan kimia keras untuk menyingkirkan jerawat, shea butter menawarkan alternatif alami dengan sifat kaya retinol yang sama.

4. Mencegah dan Mengurangi Strech Mark

Berkat kandungan vitamin E-nya, shea butter sangat baik untuk mencegah ataupun mengurangi stretch mark terkait kehamilan. Aplikasikan shea butter ke seluruh perut dan pinggul selama kehamilan, dan setelah melahirkan agar menjaga kulit tetap lentuh dan meningkatkan elastisitasnya, sehingga meminimalkan munculnya stretch mark. Ini telah digunakan secara tradisional selama berabad-abad oleh wanita Afrika.

Tidak hanya pada ibu hamil, para wanita juga disarankan mengenakan shea butter setelah mandi, berenang, atau atau menghabiskan waktu di bawah sinar matahari, yang semuanya dapat mengeringkan kulit.

5. Mencegah dan Mengobati Masalah Kulit

Shea butter mengandung alpha-amyrin acetate, senyawa kimia yang dikenal karena sifat anti-inflamasinya. Kandungan tersebut membawa bantuan langsung ke kulit gatal karena gigitan serangga, ruam dan kulit kemerahan (eksim) terkait (termasuk ruam popok), dan kulit yang rentan terhadap pengelupasan setelah terpapar sinar matahari.

6. Tabir Surya Alami

Shea butter dapat dimanfaatkan sebagai tabir surya alami. Agar hasil tetap maksimal tetap menggunakan tabir surya bersamaan dengan shea butter untuk mendapatkan perlindungan ekstra. Shea butter akan melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang menyengat.

7. Melembapkan Kulit Kepada dan Rambut

Selain untuk kulit wajah dan tubuh, shea butter merupakan pelembap alami yang sangat baik untuk rambut dan kulit kepala. Shea butter mampu mengunci kelembaban pada kulit kepala, serta sifat antimikroba dan anti-inflammatory nya mampu melawan bakteri yang menyebabkan ketombe, membuat rambut lebih lembut, berkilau, dan cantik.

Sumber: (1) (2)

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.