Now Reading:
Ini 5 Kesalahan yang Umum Terjadi Saat Membersihkan Blackhead
Full Article 4 minutes read

Ini 5 Kesalahan yang Umum Terjadi Saat Membersihkan Blackhead

kholic.idBlackhead yang sering kali tampak di area wajah merupakan bintik berwarna hitam yang muncul di permukaan kulit, terutama sering muncul di area hidung, dagu, dan dahi.

Blackhead merupakan jenis komedo yang terbuka yang sebenarnya adalah folikel rambut yang lebih besar dari folikel lain, kemudian tersumbat oleh minyak, sel kulit mati dan kadang sisa kosmetik atau debu kotoran yang disebabkan oleh lingkungan sekitar.

Blackhead tentu akan mempengaruhi penampilan cantik dan sempurna dari kulit, dan setiap orang pasti melakukan banyak cara agar bisa menghilangkan jenis komedo yang satu ini. Namun, penggunaan produk penghilang komedo tanpa memperhatikan kebersihan dan kondisi kulit benar-benar dapat memperburuk komedo itu sendiri.

Agar komedo dapat terangkat dengan hasil maksimal dan tidak menyebabkan iritasi, ada baiknya mengetahui 5 kesalahan yang umum terjadi saat membersihkan komedo agar kamu tidak mengalaminya.

1. Tidak Mempersiapkan Kulitmu dengan Benar Sebelum Ekstraksi

Foto: racinne

Ekstraksi (pencabutan) adalah cara yang tepat untuk menghilangkan komedo. Namun, kamu harus menyiapkan kulit sebelum ekstraksi. Jangan memulai proses ekstraksi tanpa pembersihan wajah yang tepat, bahkan tanpa mencuci muka terlebih dahulu. Ini bisa menyebabkan banyak kotoran pada kulit wajah. Akan lebih baik untuk mencuci wajah dengan tahap pembersihan ganda (double cleansing) sebelum ekstraksi, kemudian menghangatkan wajah dengan menggunakan uap air panas sehingga pori-pori terbuka setelah melakukan ekstraksi.

2. Menggunakan Alat Pencabut Non Steril

Foto: yoyobeauty

Cara terbaik untuk menghilangkan komedo adalah dengan menggunakan alat ekstraksi (alat pencabut khusus), tetapi alat ekstraksi non-steril benar-benar akan menambah komedo. Alat ekstraksi yang kotor akan menyebabkan banyak bakteri menempel atau berpindah ke kulit wajah. Ini tentu akan menimbulkan masalah baru seperti jerawat dan lain sebagainya. Sebelum menggunakan alat ekstraksi yang baik, bersihkan alat ekstraksi menggunakan alkohol 70% atau dengan air panas.

3. Menekan Komedo dengan Tangan

Foto: pamper

Sama seperti jerawat, menekan komedo untuk keluar akan menyebabkan trauma pada kulit. Ini akan menyebabkan luka terbuka, infeksi, dan bekas luka pada kulit. Ini sebenarnya membuat trauma pada kulit dan menyebabkan infeksi dan bekas luka di kulit. Selain kondisi tangan yang belum tentu steril, kebiasaan ini bahkan bisa memicu timbulnya jerawat karena kotoran di tangan mudah berpindah pada kulit. Cara yang tepat untuk menghilangkan komedo adalah dengan ekstraksi atau penarikan.

4. Terlalu Sering Melakukan Exfoliation

Foto: pinterest

Exfoliation (pengelupasan kulit dengan menggunakan scrub) sangat baik untuk menjaga pori-pori tetap bersih dan menghilangkan minyak di wajah. Exfoliation wajah memang diperlukan, terutama dalam menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati. Namun, terlalu sering melakukan itu akan merusak kulit.

Pertikel kecil saar di scrub dapat menyebabkan peradangan. Sementara itu, kandungan asam salisilat yang dapat menyingkirkan sel kulit mati dan minyak dari kulit akan membuat kulit kasar jika digunakan dengan terlalu kasar. Selain membuat kulit menjadi merah, teksturnya akan lebih kering dan sensitif. Hasilnya adalah produksi minyak akan lebih aktif, sehingga jumlah komedo akan terus bertambah. Idealnya lakukan exfoliation maksimal 2 kali seminggu.

5. Tidak Menggunakan Pelembap

Foto: pinterest

Beberapa orang berpikir moisturizer (pelembap) dapat menyebabkan kulit wajah berminyak, nyatanya pemikiran itu salah. Pelembap tetap dibutuhkan untuk kulit berminyak, karena selain mempertahankan kelembapan alami kulit, pelembab juga membantu mengontrol produksi minyak pada wajah.

Menjaga kadar minyak kulit sebenarnya dapat meminimalkan komedo. Minyak yang memiliki formula berat, seperti minyak alpukat dapat membuat kulit lebih berminyak. Namun, kekurangan minyak pada kulit justru akan membuat kulit menghasilkan lebih banyak minyak. Ini adalah faktor utama yang menyebabkan munculnya komedo baru.

Sumber: avoskinbeauty

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.