Now Reading:
Pentingnya Tidur Teratur Bagi Kesehatan Kulit, Skin Care Bisa Jadi Pengganti?
Full Article 2 minutes read

Pentingnya Tidur Teratur Bagi Kesehatan Kulit, Skin Care Bisa Jadi Pengganti?

kholic.id – ‘Tidur’ masih menjadi kuci agar kulitmu bercahaya, tetapi apakah di generasi sekarang skin care bisa ditukar dengan jam tidur?

“Ketika kamu kurang tidur, kau bekerja dengan hilangnya IQ antara 5 sampai 8 poin,” ujar ahli saraf Dr Tara Swart ketika ditanya soal tidur yang baik.

“Proses pembersihan otak membutuhkan waktu antara tujuh hingga 8 jam, dan kamu idelanye perlu bererada di tempat tidur selama 9 jam. Sistem ini mebersihakan racun yang terbentuh di siang hari dan juga seacara bertahap sepanjang hidup mu,” tambahnya.

Semakin sulit otakmu bekerja karena kurang tidur, semakin sedikit sumber daya yang dimiliki tubuh untuk membantu organ lain seperti kulit”, ujar Swart. Tidak mengherankan jika malam terasa gelisah atau kurang tidur, paginya akan tergambarkan di wajah.

Foto: tvN

Perubahan yang disebabkan karena kurang tidur, mirip dengan penelitian selama penuaan,” Kata dokter kulit Dr Stefanie Williams. “Tidur yang cukup adalah hal penting sebagai puncak malam bagi hormon anti penuaan tumbuh.”

Menurutnya, tidak ada krim yang bisa menggantikan fungsi tidur, tetapi pilihlah bahan yang bisa membantu. “Aku merekomendasikan penggunaan derivatif (retinoid) vitamin A, pepdida dan faktor pertumbuhan pada malam hari.”

“Retinoid adalah salah satu bahan perawatan kulit yang paling banyak diteliti dan, idelanya setiap orang di atas 30 harus menggunakan satu (retinoid) untuk medukung produksi kolagen dan matriks dermal yang sehat.”

Foto: SBS

Sementara bagi kamu yang menderita insomnia, jangan kecewa. Penelitian menjukan bahwa tanpa ritme sirkadian normal (proses biologis yang berulang sekitar 24 jam) pada sel-sel induk kulit manusia memiliki pola siklus untuk melindungi terhadap kerusakan sel.

Setelah penjelasan di atas, tips di bawah ini akan membantumu mendapatkan hasil dari istirahat malam yanglebih efektif:

Foto: SBS

1. Matikan..”Ponsel dan tablet memancarkan cahaya biru pada panjang gelombang yang sama dengan sinar matahari. kelenjar pineal di otak akan mengeluarkan melatonin yang membantu tidur kecuali ia berpikir itu adalah malam hari.”

2. Makan lebih awal.. “Makan larut malam berarti darah akan masuk ke usus untuk membantu pencernaan, dari pada otak untuk membatu tidur.”

3. Tidurlah dalam keadaan meyamping..”proses pembersiahan fungsi paling baik adalam posisi ini karena memabantu aliran darah ke otak.”

Sumber: Harpers Bazaar

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.