Now Reading:
Tips Skincare ala Korea untuk Jauhkan Kulit Lepek Berminyak di Hari Raya
Full Article 3 minutes read

Tips Skincare ala Korea untuk Jauhkan Kulit Lepek Berminyak di Hari Raya

kholic.id – Hari Raya sebentar lagi datang, penampilan dari ujung kepala sampai kaki pastinya jadi sorotan saat lakukan silaturahmi bersama kerabat.

Setelah menjaga makan selama sebulan penuh di bulan Ramadan, kebiasaan makan yang kembali rutin 3 kali sehari pastinya membuat kondisi tubuh dan kulit juga berubah. Salah satunya, kulit wajah yang kembali berminyak dan terasa lengket dan lepek.

Agar masalah kulit berminyak tidak berlanjut terus-terusan, ini dia 6 tips perawatan kulit ala K-beauty agar wajah Chingudeul senantiasa segar dan sehat!

1. Mulai pakai Oil Cleanser

Masih ragu pakai pembersih berbahan dasar minyak di wajah berminyak karena takut wajahmu bakal semakin lengket? Nyatanya pembersih berbahan dasar minyak sangat baik untuk kulit karena bisa memecah sel minyak yang berlebih.

Pembersih ini juga mampu hilangkan kotoran tanpa membuat kulit kering dan terasa kencang. Jangan lupa, pilih produk yang minim bahan kimia seperti alkohol, paraben, pewarna, dan zat pewangi, ya!

2. Hindari Pembersih Wajah yang ‘Keras’

Sebelum memakai produk pembersih untuk kulit berminyak, sebagiknya Chingudeul perhatikan bagian ingredients-nya. Jika mengandung SLS alias sodium lauryl sulfate, lebih baik hindari, ya!

Zat ini memang dikenal mampu lenyapkan rasa lepek di wajah karena mengangkat minyak. Akan tetapi, lapisan minyak yang dibutuhkan wajah juga ikut hilang, membuat kulitmu dehidrasi (kering) di beberapa bagian dan mengambil banyak kelembapan.

Ftoo: cosrx

3. Lakukan Eksfoliasi secara Rutin

Alih-alih memakai produk eksfoliasi seperti peeling atau scrub wajah, lebih baik mulai gunakan produk pembersih cair nan ringan berbahan dasar zat eksfoliator BHA.

Kini mulai banyak toner ringan keluaran Korea yang mengandung BHA untuk sekaligus mengangkat sel kulit mati. Cobalah 2 kali seminggu agar kulit Chingudeul terbiasa, lalu setelahnya kalian bisa bersihkan wajah setiap hari dengan pembersih ini.

4. Hidrasi adalah Kunci!

Banyak pemilik wajah berminyak menghindari pelembap karena takut kulitnya akan semakin lengket. Nyatanya, kulit yang tidak terhidrasi dengan baik justru mengeluarkan semakin banyak minyak untuk melapisi kulit. Pilihlah pelembap yang bertekstur ringan namun kaya akan kandungan mineral alami seperti aloe vera, bambu, charcoal, dan lain-lain.

Foto: ist

5. Tambahkan Asam Linoleic dari Rosehip Oil

Zat asam linoleic (linoleic acid) biasa dikenal dengan omega 6 dan ini sangat baik untuk menyeimbangkan produksi minyak di wajah serta hindari pertumbuhan jerawat.

Cara termudah mendapatkan linoleic acid adalah lewat minyak mineral rosehip oil. Tambahkan 3-4 tetes rosehip oil ke dalam rutinitas skincare, maka secara perlahan kulit akan lakukan regenerasi, sel kulit mati dan sebum akan berkurang, dan sebagai bonus: kerutan halus di wajah juga perlahan menghilang.

6. Gunakan Clay Mask Seminggu Sekali

Perawatan kulit yang tidak boleh ditinggalkan oleh pemilik kulit berminyak adalah masker bertekstur padat clay mask.

Zat lumpur (clay) mineral yang terdapat dalam masker mampu menyerap minyak yang berlebih, membunuh kuman, dan memurnikan kandungan mineral dalam wajah. Tidak hanya itu, masker jenis ini juga akan melembapkan kulit berminyak sehingga wajah akan terasa segar, lembut, dan sejuk saat disentuh.

So, selamat menyambut Hari Raya dengan wajah segar tanpa kilap minyak, ya!

Sumber: the klog

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.