Now Reading:
5 Cara Mengatasi Kulit Area Bibir yang Kering
Full Article 3 minutes read

5 Cara Mengatasi Kulit Area Bibir yang Kering

kholic.id – Bukan hanya bibir yang mudah kering dan pecah-pecah, area di sekitar sudut bibir juga bisa mengalami hal yang serupa, terutama saat kita sedang menjalankan ibadah puasa.

Bagi kalian yang sedang mengalami masalah ini, biasanya menjadi kurang percaya diri karena membuat penampilan lipstik tidak maksimal. Selain itu, foundation yang menempel di kulit wajah terlihat jauh lebih kering di area tersebut dan kondisi kulit kering sepertinya menjadi pertanda jika kamu kurang peduli tentang kesehatan kulit.

Namun tidak perlu khawatir lagi, selain harus meluangkan waktu untuk merawat kulit di sekitar bibir kering, ternyata ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengatasinya. Apa saja?

1. Mandi dengan Air Dingin

Foto: self

Ketika udara cukup dingin, mandi menggunakan air hangat bisa jadi salah satu kegiatan yang banyak orang pilih. Namun, terlalu lama atau terlalu sering mandi menggunakan air hangat dapat berdampak buruk pada kulit.

Suhu air yang tinggi akan membuat lapisan minyak alami di kulit ikut terangkat, sehingga kulit terasa kering. Terutama, jika air panas digunakan untuk mencuci muka, area kulit di sekitar sudut bibir akan mudah terlihat kering dan terkelupas. Jadi, akan lebih baik untuk mandi menggunakan air dingin (atau air dengan suhu normal) untuk menjaga kulit tetap lembab dan tidak kering.

2. Hindari Licking Lips Terlalu Sering

Foto: pinterest

Licking Lips (menjilati bibir) adalah kebiasaan umum yang banyak dilakukan orang, dan ternyata ini adalah salah satu faktor utama yang menyebabkan kulit daerah bibir terlihat kering. Alih-alih membuat bibir lembab, kebiasaan menjilati bibir justru bisa membuat kulit menjadi lebih kering.

Air liur akan menguap dengan cepat yang akhirnya membuat kondisi kulit menjadi lebih kering, bahkan lebih dari sebelumnya. Tidak hanya di bibir saja, kondisi ini juga bisa dialami oleh kulit di sekitar sudut bibir.

3. Menggunakan Moisturizer dan Lip Balm

Foto: health.howstuffworks

Menggunakan moisturizer (pelembab) ke kulit adalah tindakan pertama yang perlu dilakukan. Selain produk pelembab yang biasa, bisa juga mengaplikasikan lip balm di luar garis bibir untuk membantu melembabkan tekstur kulit. Jika menggunakan produk pelembab, kamu harus memilih kandungan pelembab yang tinggi dan tidak mengandung bahan yang rentan terhadap efek iritasi.

4. Menggunakan Tabir Surya

Foto: huffpost

Penggunaan tabir surya tidak hanya diperlukan untuk tubuh yang terpapar sinar matahati langsung seperti lengan dan kaki, tetapi wajah (terutama kulit di bagian luar bibir) juga perlu mendapatkan perlindungan agar tidak kering.

Karena paparan sinar matahari yang terik tidak hanya membuat bibir kering, tetapi juga area kulit di sekitarnya. Namun, kalian tidak bisa sembarang memilih produk, pastikan untuk menggunakan tabir surya dengan tingkat SPF 30 atau lebih.

5. Banyak Mengkonsumsi Air Mineral

Foto: telemundo

Selain perawatan yang menggunakan produk-produk skincare, kamu juga perlu memperhatikan asupan air. Karena kekurangan cairan dalam tubuh tidak hanya membuat dehidrasi, tetapi juga membuat kulit kering dan kasar.

Jika area bibir sudah terlihat kering, segera minum air dengan dosis yang tepat. Cobalah mengonsumsi segelas air setelah melakukan perawatan di area mulut seperti menyikat dan menggunakan obat kumur.

Semoga kelima tips di atas akan membantumu mengatasi masalah kulit di sekitar bibir. Be beautiful chingudeul!

Sumber: avoskinbeauty

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.