Now Reading:
Kenali Jenis Kulit Wajahmu dari Tanda-Tanda Ini
Full Article 3 minutes read

Kenali Jenis Kulit Wajahmu dari Tanda-Tanda Ini

kholic.id – Langkah pertama untuk mendapatkan kulit wajah yang indah adalah dengan mencari tahu terlabih dulu jenis kulit yang kita miliki, apakah termasuk dalam jenis kulit kombinasi, berminyak, normal, atau kering / sensitif.

Sebagian besar wanita salah mengartikan jenis kulit diri mereka sendiri, akibatnya berakhir dengan menggunakan regimen dan produk perawatan yang salah. Merawat jenis kulit yang salah dapat memperburuk kondisi kulit, menyebabkan jerawat, atau bahkan membuat kulitmu terlihat lebih tua daripada yang sebenarnya.

Daripada semakin bingung, yuk kenali lima jenis kulit dengan tanda-tanda berikut ini agar kamu bisa menentukan perwatan kulit yang tepat.

– Kulit Kombinasi

Ciri-ciri jenis kulit wajah kombinasi adalah mulai dari Dahi, hidung, dan dagu berminyak serta cenderung, sedangkan pelipis area mata, dan pipi benar-benar kering. Kamu juga bisa termasuk dalam kategori ini jika kulitmu berubah sesuai dengan iklim dan musim – terkadang bisa benar-benar berminyak, di lain waktu bisa sangat kering.

– Kulit Berminyak

Wajah akan terasa dan terlihat lembab serta berkilau (teruama pada tengah hari, ketika produksi minyak wajah mencapai puncaknya). Pemilik wajah berminyak cenderung memiliki pori-pori tersumbat, dan kulit rentan terhadap jarawat non-inflamasi, yakni komedo hitam (blackhead) dan putih (whitehead) dan jerawat yang meradang seperti jerawat biasa dan Cystic Acne (dikenal juga jerawat batu).

– Kulit Normal

Kulit normal biasanya halus dan bercehaya karena memantulkan cahaya secara merata. Kulit seimbang (tidak terlalu berminyak atau terlalu kering), dan jarang berjerawat. Pemilik jenis kulit normal tidak memperlihatkan perubahan apa pun di kulit sepanjang hari, dan dapat mencoba berbagai jenis produk tanpa mengalami reaksi.

– Kulit Kering

Pemilik jenis kulit ini cenderung mudah mengelupas dan rentan terhadap kerutan dan garis halus karena ketidakmampuan untuk mempertahankan kelembapan. Kulit sering terasa kasar, kencang, atau kering pada sore atau malam hari – bahkan dua jam setelah menggunakan pelembab.

Produk dengan karakteristik sebum akan membantu menjaga kelembaban. Selain itu, cuaca dingin berpotensi mengeringkan kulit lebih jauh. Pelembab yang konstan, siang dan malam diperlukan untuk menjaga kulit yang sehat.

– Kulit Sensitif

Kulit sensitif memiliki tekstur yang sangat halus. Sangat sensitif terhadap perubahan iklim, mudah teriritasi, mudah memiliki bercak merah atau eksim (kondisi kulit kering sepert ruam).

Pemilik jenis kulit ini harus ekstra hati-hati saat mengekspos kulit ke suhu ekstrim, penggunaan sabun, krim cukur, dan produk skincare. Selain itu, tabir surya, dan kosmetik terkadang mudah menyengat atau menyebabkan kemerahan pada jenis kulit sensitif.

Hindari produk dengan pewarna, parfum, dan bahan kimia yang dapat memperburuk kulit. Selain itu, produk perawat kulit, tabir surya, dan kosmetik terkadang mudah menyengat atau menyebabkan kemerahan pada jenis kulit sensitif.

Nah chingudeul, semoga informasi diatas dapat membantumu menentukan jenis kulit agar tidak salah dalam melakukan perawatan dan pemilihan produk skincare.

Sumber: (1) (2)

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.