Now Reading:
Selain Tak Cuci Muka, 5 Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur Ini Jadi Penyebab Jerawat
Full Article 3 minutes read

Selain Tak Cuci Muka, 5 Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur Ini Jadi Penyebab Jerawat

kholic.id – Sering bertanya ‘Mengapa sering tumbuh jerawt di pagi hari, meski sebelum tidur sudah mencuci muka? Berhati-hatilah, bisa jadi itu karena kebiasaan burukmu saat tidur.

Meski sebenarnya banyak penyebab jerawat seperti stres, hormon, genetika dan lainnya, bisa jadi ada beberapa kebiasaan lain lain yang membuat jerawat tak sungkan tumbuh di wajahmu. Salah satunya kebiasaan saat tidur.

Berikut adalah 5 kebiasaan buruk sebelum tidur yang menyebabkan jerawat:

1. Menggunakan hand cream sebelum tidur

Foto: Kinimall

Meski membingungkan, nyatanya hand cream atau body lotion bisa jadi salah satu penyebab jerawat. Alasan dibaliknya ialah orang-orang yang tidak menyadari jika ia tertidur beralaskan lengan atau membuat lengan tersebut menjadi bantal.

Bahan kimia atau wewangian yang terdapat di krim tangan bisa jadi tidak diformulasikan untuk wajah. So, jangan kaget kalau ada jerawat tumbuh di pagi hari ya guys!

2. Jarang mengganti sprei dan sarung bantal

Foto: V Live

Bantal bisa menjadi sarang tungau jika tidak sering diganti. Menggunakan sprai terlalu lama pun akan menyebabkan jerawat. Contohnya saja jika kamu baru pulang dari beraktifitas dan langsung terlentang di atas kasur, bayangkan betapa banyaknya bakteri yang berpindah dari tubuhmu.

Karena itulah, pastikan kamu selalu mengganti sprei dan sarung bantal secara teratur. Setidaknya setiap dua minggu, agar kotoran dan debu tidak menumpuk di atas tempat tidur dan meyebabkan jerawat.

3. Makan dan minum di atas tempat tidur

Foto: Apples Under My Bed

Kamu sering ngemil di atas tempa tidur? Seberapa banyak remah-remahan makanan yang kamu tinggalkan di atas tempat tidur dan membuatnya menjadi kotor.

Selain kebiasaan makan di atas tempat tidur, makan sebelum tirud pun juga jadi penyebab jerawat. Karena sisa makanan akan menempel di sekitar area mulut dan menempel di sarung bantal, hingga kembali menempel di wajahmu.

4. Penggunaan deterjen yang kurang tepat

Foto: Huffington Post

Perhatikan deterjen yang kamu gunakan. Pastikan jika bahan dari deterjen tidak membuat iritasi atau alergi pada kuilit sensitif. Selain itu tidak disarankan untuk menggunakan deterjen terlalu banyak. Karena penggunaan deterjen yang berlebihan dapat membuat residu pada kain, yang tidak hanya mnyebabkan jerawat tetapi iritasi pada kulit.

5. Tidur dengan rambut kotor

Foto: SBS

Terdengar aneh, namun rambut kotor yang kamu ajak tidur bisa membuat jerawat di wajah. Polusi yang menempael di rambut kemungkinan bisa berpindah ke wajah. Demi menghindarinya, cuci rambut secara teratur atau ikat longgar rambutmu agar tidak menempel ke wajah saat tidur.

Selain menjaga kebersihan wajah sebelum tidur, itulah 5 kebiasaan buruk sebelum tidur yang membuat jerawat berkembang di wajah.

Sumber: Avoskin Beauty

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.