Now Reading:
4 Langkah Jitu Agar Bibir Tetap Sehat Selama Berpuasa
Full Article 3 minutes read

4 Langkah Jitu Agar Bibir Tetap Sehat Selama Berpuasa

kholic.id – Bibir selalu menjadi eleman terpenting dalam kecantikan. Namun, selama menjalankan puasa, bibir sering menjadi kering dan pecah-pecah.

Bagi yang menjalankan ibadah puasa, tentuk kita harus menahan lapar dan haus selama kurang lebih 14 jam. Dengan demikian, tubuh akan mengalami dehidrasi selama berpuasa. Tidak jarang, bibir akan terasa kering dan terkelupas sehingga bisa mempengaruhi penampilan.

Hal itu tentu bisa membuat riasan lipstik yang kamu kenakan menjadi kurang bagus. Jadi lakukan 4 hal berikut ini secara rutin untuk merawat bibir selama berpuasa.

1. Tingkatkan Konsumsi Air Selama Sahur

Foto: q8rashaqa

Dokter menyarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter per hati. Namun, saat di bulan puasa asupan air akan berkurang. Ketika tubuh kekurangan cairan, itu dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Jadi, kamu harus mengganti cairan tubuh saat berpuasa dengan minum air putih sebanyak dua gelas saat subuh, dua gelas saat berbuka, dan dua gelas sebelum tidur. Jika kamu merasa tubuhmu masih kekurangan cairan, minumlah beberapa gelas lagi saat selesai shalat tarawih.

2. Gunakan Madu Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Foto: allsubscriptionboxes

Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Kandungan vitamin, mineral, asam amino, dan beberapa enzim yang membuat madu menjadi pilihan untuk mengembalikan stamina. Selain itu, kandungan vitamin C dalam madu berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah penuaan dini.

Banyak produk kecantikan yang mencampurkan madu sebagai salah satu komponen tambahan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Madu biasanya digunakan sebagai pelembab wajah, tetapi kamu juga bisa mengaplikasikannnya pada area bibir. Tidak hanya bisa melembapkan bibir, kamu juga bisa mengaplikasikan madu pada kulit bibir yang kusam agar terlihat lebih segar.

3. Gunakan Sayuran

Foto: care2

Kalian harus memilih sayuran yang diyakini mengandung vitamin C dan dapat melembabkan seperti mentimun. Selain menurunkan kolesterol dalam darah, mentimun juga bisa berfungsi untuk melembabkan area bibir.

Caranya, pilih mentimun yang masih bagus. Kemudian kupas dan hancurkan sampai menjadi bubur atau cukup ambil airnya saja. Lalu, aplikasikan seluruh area bibir dan tunggu beberapa menit. Setelah itu bersihkan dengan air hangat dan air dingin tertutup. Untuk mendapatkan manfaat lebih banyak, tambahkan jus lemon / jeruk nipis di dalamnya. Jangan lupa, dioleskan saat berbuka puasa saja.

4. Oleskan Lip Balm

Foto: mentalfloss

Kegiatan di luar ruangan tidak dapat dihindari dan harus terus dijalankan selama berpuasa. Tubuh manusia yang terdiri dari 60% dari kandungan air ini pasti akan mengalami dehidrasi. Salah satu tanda kamu dehidrasi adalah bibir kering dan pecah-pecah. Untuk itu, selama berpuasa jangan lupa menggunakan lip balm.

Pilih lip balm yang memiliki kandungan jojoba, minyak zaitun, alpukat, vitamin E, dan vitamin A. Pilih juga yang mengandung SPF untuk melindungi terhadap efek buruk dari sinar UV. Kamu bisa menerapkannya ketika bibir mulai terasa kering. Biasanya, bibir akan terasa kering di siang hari. Pilih lip balm yang cocok dengan jenis kulitmu dan tidak menyebabkan iritasi atau gatal.

Nah chingudeul, itulah 4 hal yang harus kamu lakukan selama berpuasa. Dengan rutin melakukan 4 hal di atas, bibir akan selalu sehat dan tidak kering. Semoga berhasil!

Sumber: avoskinbeauty

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.