Now Reading:
Marak Pelecehan, Industri K-Drama Sepakat Masukkan Pasal #MeToo dalam Kontrak Pemain
Full Article 2 minutes read

Marak Pelecehan, Industri K-Drama Sepakat Masukkan Pasal #MeToo dalam Kontrak Pemain

kholic.id – Baru-baru ini, media Korea memberitakan bahwa rumah produksi film dan drama akan mulai memberlakukan pasal gerakan anti-pelecehan #MeToo setiap memulai produksi.

Nantinya, kontrak akan ditandatangani oleh para calon pemain saat casting berlangsung. Jika aktor atau aktris yang bersangkutan melakukan tindakan pelecehan atau dituduh sebagai pelaku kasus #MeToo, maka ia harus membayar ganti rugi atas pelanggaran kontrak.

Tidak hanya itu, jika tuduhan muncul saat drama telah selesai proses casting atau bahkan selesai digarap, maka perusahaan produksi berhak merekonstruksi kontrak sebelumnya dengan memasukkan pasal #MeToo yang sudah ada.

Sebagai tanggapan, perwakilan dari perusahaan manajemen menyatakan, “Masalah ini bisa sangat dimengerti karena belakangan ini banyak proyek film dan drama yang menderita karena kasus #MeToo. Jika yang melakukan casting adalah selebriti terhormat, maka ia tidak perlu khawatir soal perubahan ini. Aturan baru ini secara garis besar adalah sesuatu yang baik.”

Dengan begitu, aktor/aktris yang di kemudian hari mendapat tuduhan dan terbukti sebagai penyerang dan pelaku pelecehan dalam kasus #MeToo, ia tidak hanya harus mengembalikan pembayaran kontrak tetapi juga membayar ganti rugi tambahan.

Sementara itu, beberapa aktor Korea seperti Oh Dal Soo (49) sampai Lee Seo Won (21) yang terbukti lakukan pelecehan kini harus menerima akibat buruk berupa pencabutan seluruh proyek di dunia hiburan.

Sumber: allkpop

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.