Now Reading:
Kesal Sering Tumbuh Jerawat dan Komedo? Yuk, Ikuti Tips Mengecilkan Pori-Pori
Full Article 2 minutes read

Kesal Sering Tumbuh Jerawat dan Komedo? Yuk, Ikuti Tips Mengecilkan Pori-Pori

kholic.id – Istilah Glass Skin yang berasal dari KBeauty membawa tren tersendiri di dunia kecantikan, dan tidak sedikit wanita yang mendambakan kulit tersebut. Tapi bagaimana caranya?

Pada dasarnya ukuran pori-pori merupakan bagian struktural kulit yang tidak dapat diubah secara drastis dalam keadaan apapun apa lagi dihilangkan (bisa-bisa kita tak mengeluarkan keringat). Mereka bisa saja mendapat hambatan (tumbuh jerawat atau komedo), sehingga membuat pori-pori bertambah besar.

Kabar baiknya, mesi ukuran pori-pori dasarmu besar karena genetis, kamu bisa meminimalkan penampilan mreka dan secara efektif mengecilakan hingga kembali ke bentuk normal, mengecangkan dengan perwatan tepat.

1. Gunakan produk berbahan asam yang tepat

Foto: ist

Meski terdengar aneh, skin care berbahan asam alfa hidroksi (AHA) dan asam hidroksida beta (BHA) adalah cairan ampuh yang bisa menembus dan ‘membersihakn’ podi-pori. Kedua bahan asam tersebut tidak akan membuat kulitmu terasa panas.

AHA bekerja pada lapisan permukaan kulit, mampu mencerahkan dan menghaluskan dan sebaiknya digunakan untuk kulit kering atau sensitif. Sedangkan BHA menembus lebih dalam, untuk mengangkat sel kulit mati yang tersebut di pori-pori (seperti komedo), dan baik digunakan oleh pemilik kulit berminyak dan berjerawat.

2. Rajin gunakan retinol

Foto: ist

Tidak hanya menghaluskan kerutan dan mencerahkan titik hitam, tapi juga berfungsi untuk menghentikan jerawat dan mengecilkan pori-pori. Kejaiban retinol ialah kemampuannya meningkatkan produksi kalogen pada kulit, sambil mengurangi produksi minyak. Hasilnya pori-pori lebih rapat sehingga kesempatn komedo dan jerawat tumbuh dikulit pun lebih sedikit.

Meski retinol pada awalnya membuat kulit iritasi (terlebih pada pemilik kuli kering atau sensitif) tapi ini bisa diatasi dengan penggunaan bertoleransi. Awali penggunaan seminggu sekali, kemudian 2 minggu sekali selama 2 minggu, 3 kali seminggu selama 3 minggu… hingga kulitmu tidak mengalami iritasi, gunakanlah setiap malam secara rutin.

3. Pakailah tabir surya demi kesehatan kulit

Foto: ist

Sebuah fakta mengungkapkan jika 1 dari 5 warga Amerika akan terkena kangker kulit selama hidup merka karena tidak menggunakan tabir surya secara berkala. Secara tak langsung tabir surya punya efek meminimalkan pori-pori.

Jadi, apakah chingudeul mau mencobanya?

Sumber: Marie Claire

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.