Now Reading:
Kesal dengan Jerawat? Cari Tahu 3 Manfaat Puasa Bagi Kulit Selama Ramadhan
Full Article 2 minutes read

Kesal dengan Jerawat? Cari Tahu 3 Manfaat Puasa Bagi Kulit Selama Ramadhan

kholic.id – Banyak orang yang mengeluh kesal pada kondisi kulit yang sering mengalami iritasi atau jerawat. Ternyat puasa di Bulan Ramadan bisa jadi salah satu solusi penuh berkah untuk mengobati kondisi kulit tersebut.

Dalam sebuah situs kesehatan, menungkapkan jika puasa jangka pendek merupakan salah satu penyembuhan alami. Hal dicontohkan hewan yang terluka, ia akan berhenti makan sampai luka mereka sembuh. Beberapa temuan menjukan bahwa puasa adapat menghabat kondisi kulit tertentu dan detoksifiasi (pembersihan) kotoran kulit.

1. Kontak Dermatitis

Foto: Wikipedia

Bagi orang yang mudah alergi jika menggunakan sesuatu yang langsung bersentuhan dengan kulit, puasa bisa menjadi solusi. Hal ini ungkapkan dalam hasil penelitian yang diterbitkan Patologi Toxicologic.

Seperti namanya, kontak dermatis adalah jenis iritasi kulit yang dihasilkan dari kontak dengan obejek atau benda tertentu. Hasil penelitaian menemukan pemebekaan dermal pada tikus karena kontak dermatis ini bisa membaik setelah berpuasa.

2. Urtikaria (Hives)

Foto: Wikipedia

Puasa juga dapat mengurangi jenis gatal tertentu yang disebut urikaria kornis, menurut sebuah studi kasusu yang diterbitkan dalam Journal of Dermatology. Uritkaria kronis adalah jenis gatal yang berlangsung lebih dari enam miggu.

Studi kasus tersebut menemukan bahwa puasa efektif dalam menghilangkan gatal-gatal pada seorang wanita berusia 28 tahun dalam 11 hari. Para peneliti mengatakan, jika gatal-gatal akan kembali dalam waktu 3 hari setelah tidak berpuasa.

3. Jerawat dan Eksim

Foto: Kpopmap

Kondisi kulit seperti jerawat dan eksim dapat hilang lebih cepat karena puasa. Ini mungkin terjadi karena tubuh tidak mencerna, dan memfokuskan diri untuk membentuk energi di sistem lain.

Bagi kamu yang baru memulai puasa, terkadang mengalami sakit kepala atau sakit di bagian lain. Kami sarankan agar meminum jus sesaat setelah buka dan camilan malam yang wajar.

Setelah tahu manfaat puasa bagi kulit, apakah kamu semakin semangat untuk menjalankan puasa kali ini?

Sumber: Live Strong

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.